Mantap(!), Alumni SMA 1 Lubuak Aluang Dirikan Koperasi


Lubuak Aluang, CanangNews – Siapa bilang semangat berkoperasi di Indonesia lesu? Buktinya, Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lubuak Aluang Tahun1994 (Ikasmanla ’94), Kabupaten Padang Pariaman – Sumatra Barat, sepakat membentuk dan mendirikan koperasi. Kesepakatan itu mereka wujudkan hari ini, Senin 29 Maret 2021.

 

Wujud kesepakatan itu berupa pelantikan atau pengukuhan Pengurus Koperasi Karya 94 (Sembilan Empat) di Masjid Komplek SMA 1 Lubuak Aluang oleh Kepala Bidang (Kabid) Koperasi Dinas Perdagangan,Tenaga Kerja, Koperasi (Disdagnakerkop) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Padang Pariaman Ermizal SE.

 


Ketika mengukuhkan Pengurus dan Pengawas Koperasi Karya 94, Ermizal mengemukakan harapan semoga koperasi ini menjadi contoh dan inspirasi alumni-alumni sekolah lain, termasuk Alumni SMA 1 Lubuak Aluang angkatan-angkatan tahun sebelum dan setelah 1994 untuk melakukan hal yang sama guna memajukan ekonomi kerakyatan.

 

“Ini adalah koperasi pertama yang dibentuk dan didirikan oleh alumni satu angkatan di Kabupaten Padang Pariaman.

 

Berdasarkan musyawarah, anggota pendiri memilih Pengurus dan Pengawas Koperasi Karya 94 yang langsung mereka tetapkan. Dedy Edwar SE MM Dt Panduko Sirajo terpilih sebagai ketua pengurus. Sedangkan Alfiardi ST mereka sepakati ketua pengawas.

 


Ketika dihubungi wartawan via telepon, Senin (29/3/2021) malam, Dedy Edwar menyebutkan, inisiatif pendirian koperasi ini muncul dalam pertemuan-pertemuan Alumni ’94. Kemudian pembicaraan serius yang melibatkan 25 orang alumni sebagai anggota pendiri koperasi dengan modal awal Rp15 juta.

 

“Kami pun menyepakati Koperasi Karya 94 untuk sementara hanya beranggotakan Ikasmanla ’94 yang diperkirakan berjumlah 300 hingga 350 orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, terdiri dari Jurusan Fisika (1 lokal), Biologi (3 lokal), Sosial (4 lokal) dan Budaya (1 lokal),” ujar Mantan Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman dan Anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat ini.

 


Berdasarkan kesepakatan juga, lanjut dia, simpanan pokok bagi alumni yang hendak bergabung jadi anggota koperasi Rp100 ribu dan simpanan wajib Rp20 ribu/bulan. “Untuk sementara Koperasi Karya 94 berkantor di rumah milik Ketua Alumni ’94 SMA 1 Lubuak Aluang Letkol (Mar) Wempi MTr (Hanla) MM di Asam Jawa, Pasar Lubuak Aluang.

 

Dihubungi secara terpisah, Wempi yang bertugas di Akademi Angkatan Laut Surabaya membenarkan hal itu. Menurut dia, ekonomi sesama Anggota Ikasmanla ’94 tidaklah sama. Oleh sebab itu, muncul kepedulian dan empati untuk saling membantu. Apalagi waktu reuni perak tahun 2019 terkumpul dana badoncek (sumbangan spontan) berkisar Rp10 juta.

 


“Sesuai kesepakatan, dana tersebut dipinjamkan kepada teman-teman sesama Alumni ’94 yang butuh modal usaha tetapi tanpa bunga. Ternyata pengembalian lancar. Kemudian muncul pemikiran untuk membentuk koperasi. Saya sarankan pengurus dan pengawasnya teman-teman yang berdomisili di Lubuak Aluang,” ulas Wempi.

Pengurus Koperasi Karya Sembilan Empat

Ketua                   : H Dedy Edwar SE MM Dt Panduko Sirajo

Wakil Ketua        : Harjoeli Efendi

Sekretaris            : Mainis Risfatmi ST

Wakil Sekretaris  : Sylvia Primayana SH

Bendahara                   : Sri Handayani SE

 

Pengawas Koperasi Karya Sembilan Empat

Ketua : Alfiardi,ST

ANGGOTA : RIZA YULFI,SH

ANGGOTA, Rahmawati,SE,MM

 


Menurut catatan CanangNews, pada tanggal 5 Mei 2020 Ikasmanla ’94 memberi dan mendistribusikan bantuan berupa bahan kebutuhan pokok dan uang kepada teman-teman sesama Anggota Ikasmanla ’94 yang terkena dampak pandemi covid-19 , baik yang berdomisili di Lubuak Aluang dan sekitarnya maupun di luar daerah seperti Batam dan Jabodetabek. (ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama