Layanan Nagita Menginspirasi, Dukcapil Sergai Replikasi Inovasi


Sergai, CanangNews - Keberhasilan penerapan layanan administrasi kependudukan (adminduk) secara online yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, termasuk Nagari / Desa Go Digital (Nagita) telah menginspirasi daerah lain. Satu di antara daerah yang tertarik untuk melakukan replikasi inovasi adalah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara. 


Kabupaten Sergai terdiri dari 17 Kecamatan, 237 desa dan enam kelurahan didiami penduduk sebanyak 656.419 jiwa. Dengan jumlah penduduk yang besar Sergai memiliki potensi yang besar dalam penerapan layanan adminduk secara online.  



Pelayanan adminduk online melalui kebijakan Nagari Go Digital yang diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Padang Pariaman sejak Oktober 2019 telah membawa perubahan besar. Mengubah model pelayanan publik adminduk dari tatap muka menjadi pelayanan daring (dalam jaringan) tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Layanan tatap muka hanya 15 persen saja, work from home (bekerja dari rumah) telah diterapkan dan berhasil meningkatkan kinerja 300 persen dari biasanya.


Dengan perkembangan tersebut, menginspirasi Kepala Disdukcapil Kabupaten Sergai Fitriadi S Sos MSi. Ia pun melakukan koordinasi dengan  Kepala Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly S AP MM untuk melakukan replikasi inovasi. 



Fitriadi merupakan senior dari Fadhly di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor sehingga melancarkan proses komunikasi mereka. 


Sebagai tindaklanjut dari proses tersebut, Kepala Disdukcapil  Fadhly  menugaskan Kepala Seksi (Kasi) Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar SAP MAP, Kasi Sistem Informasi Adminduk (SIAK) Suhatman SKom MAP, Administrator Database (ADB) Zulhari AMd dan Staf Operator Pelayanan Gino Maitulesi untuk melakukan pendampingan ke Disdukcapil Sergai untuk melakukan pendampingan replikasi aplikasi pada 23 - 26 Maret 2021. 




Di Sergai, Tim Dukcapilceria melakukan proses instalasi aplikasi layanan administrasi kependudukan online, 24 Maret 2021. Dalam pelaksanaan instalasi aplikasi, Tim Dukcapilceria dengan difasilitasi oleh Disdukcapil Sergai melakukan koordinasi dengan Dinas Kominfo Sergai yang memberikan apresiasi tinggi atas replikasi aplikasi layanan adminduk online yang diinisiasi oleh Disdukcapil Sergai. Aplikasi ini dikembangkan dalam bentuk layanan berbasis web dan berbasis android. 


Selanjutnya Tim Dukcapilceria melakukan fasilitasi teknis penerapan layanan kepada seluruh pegawai Disdukcapil Sergai. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas, Sekretaris, Kepala Bidang, Kepala Seksi dan operator pelayanan. Penerapan aplikasi layanan online ini mendapat sambutan hangat dari internal Disdukcapil Sergai. 


 Kasi Pindah Datang Disdukcapil Sergai Mika Hermina Sihombing SE menyatakan, "Penggunaan aplikasi layanan online merupakan sebuah terobosan bagi kami di disdukcapil, yaitu mengurangi tatap muka dengan masyarakat pada masa pandemi." 


Mulai minggu depan, aplikasi layanan online yang berbasis web sudah bisa diakses oleh masyarakat di Kabupaten Sergai. Layanan ini bisa diakses melalui alamat url baksouratducakpil.serdangbedagaikab.go.id. Sedangkan aplikasi berbasis android bisa diunduh melalui playstore pada pertengah April 2021. 


Dengan penerapan layanan online ini, titik kumpul penduduk dalam pelayanan tatap muka bisa diurai. Hal yang selama ini menjadi salah satu kendala dalam pelayanan adminduk di Sergai selama masa pandemi. 


Kepala Disdukcapil Sergai Fitriadi dalam pernyataannya akan melakukan launching layanan ini bersama Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wakil Bupati H Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP,  awal April 2021. (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama