Dianggap Rawan Bencana, Dua Kawasan di Pasbar Ditinjau Audy Joinaldi

0


 

PASAMAN BARAT,  Wakil Gubernur Sumater Barat, Audy Joinaldy tinjau beberapa wilayah yang dianggap rawan bencana alam di Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (11/3).


Peninjauan dilakukan di dua titik, yaitu ke Nagari Ujung Gading dan Kecamatan Ranah Batahan, lokasi tersebut merupakan daerah rawan banjir yang terjadi berulang di setiap tahun.


Sebagai langkah untuk mengurangi resiko bencana, mitigasi bencana disebut bagian terpenting yang akan dilakukan, selain itu noemalisasi sungai dan perbaikan sarana di aliran sungai, seperti pintu air dan dam sungai juga akan menjadi prioritas pembangunan yang akan dilakukan pemerintah ke depan.



Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, menyampaikan bahwa kedatangannya bersama tim Provinsi Sumbar ke Pasaman Barat adalah untuk mitigasi bencana dan melihat secara langsung kondisi-kondisi di lapangan, hingga nantinya bisa dilaporkan ke pemerintah pusat.


"Sebentar lagi saya bersama gubernur akan melakukan rapat bersama Kementerian Maritim tentang ini. Jadi, saya ingin melihat langsung ke lokasi, seperti apa Sungai Batang Bayang, Sungai Batahan. Agar kita bisa merancang penanganan antisipasi bencana ke depan," kata Audy Joinaldy.


Disampaikan, Pasaman Barat akan menjadi prioritas dalam mitigasi bencana, walaupun membutuhkan anggaran ratusan miliar untuk penanganan hal tersebut. Namun, bagaimanapun masyarakat yang terdampak bencana harus segera ditangani.


"Saat ini kita akui anggaran banyak mengalami rekofusing penanganan Covid-19. Namun, terkait bencana kita juga tetap tangani, apalagi di beberapa wilayah khusus Pasbar banyak terdampak bencana, seperti hal nya banjir, yang melanda pemukiman warga dan pertanian yang mengakibatkan kerugian setiap saat," ujar Audy. 


Anggaran untuk pembangunan tersebut memang tidak sedikit dan APBD tidak akan mampu. Untuk itu, wakil Gubernur bersama dengan pemerintah daerah akan berusaha menyampaikan kepada pemerintah pusat.


"Semoga pemerintah pusat bisa mengerti dengan kondisi masyarakat tentang dampak bencana alam ini. Semoga tahun 2022 bisa terealisasikan semua," harap Audy Joinaldy.


Sementara itu, Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi Wakil Bupati Risnawanto menyampaikan bahwa pemerintah berharap bahwa peninjauan pada hari ini bisa menjadi langkah awal pembangunan.


"Harapan kita, Pemerintah Daerah melalui Bapak Gubernur Mahyeldi Ansharullah dan Bapak Audy Joinaldy menyampaikan kepada pemerintah pusat kondisi Pasbar ini. Mitigasi bencana seperti apa yang akan bisa menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut," kata Hamsuardi.


Peninjauan tersebut dilakukan Wakil Gubernur Audy Joinaldy bersama Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat, Kepala Bappeda, Balitbangda, PUPR, PSDA, BPBD Biro Humas Provinsi Sumbar dan beberapa kepala OPD Pasaman Barat. (YAN)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top