Lancarkan Transportasi, TMMD Ke-110 Kodim 0308/Pariaman Buka Jalan untuk Warga

0

Lubuk Alung, CanangNews - Alat berat (excavator) terus bekerja dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Tahun 2021 di Korong Lipek Pageh Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman yang sudah berjalan selama 13 hari sejak di mulainya Pra TMMD yang dibuka langsung oleh Dandim 0308/Pariaman tanggal 8 Februari 2021 kemarin, Minggu (21/2/21).

Dalam pelaksanaan TMMD ke-110 ini excavator mengalami beberapa kendala,  terutama disebabkan faktor alam (cuaca yang tidak menentu). Apabila turun hujan, jalan yang dilalui jadi licin karena pada umumnya tanah tersebut terdapat dari tanah liat. 

Namun demikian tidak membuat semangat Seorang Operator alat berat (Excavator) menurun dalam menyelesaikan pekerjaannya untuk membuka jalan sepanjang 2.500 m. 

Sdr. Iwan (25th) yang ditemani rekannya Sdr. Enjel (23th) yang sudah berpengalaman Sebagai Operator mesin alat berat dari Dinas PU ini mengatakan, "Kami siap bekerja pak untuk mendukung dan mensukseskan TMMD yang diselenggarakan oleh Kodim 0308/Pariaman, walaupun hari libur pak...!!!" ungkapnya.

Terlihat Mayor Inf. Irwan Taufik selaku pengawas dilapangan sedang mengarahkan Operator yang sedang bekerja dan beberapa anggota Kodim 0308/Pariaman serta warga setempat ikut berpartisipasi dalam pembukaan jalan di Korong Lipek Pageh.

Sasaran Fisik, salah satunya pembukaan jalan yang terdapat 3 jembatan dan 3 gorong-gorong. Namun jalan yang sudah dibuka oleh Excavator baru mencapai 30 %, Jembatan 20 % dan gorong 45 %.

Dijelaskan, TMMD ke-110 Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kodim 0308/Pariaman ini fokus kepada sasaran pokok pembangunan jalan di Korong Lipek Pageh dengan Panjang 2.500 m dengan lebar 6 m.

TMMD di Korong Lipek Pageh dengan sasaran membangun jalan tersebut semoga bermanfaat untuk memperlancar transportasi perekonomian warga. Selama ini warga berpergian maupun menjual hasil-hasil pertanian tidak lancar terkendala jalan yang dilewati masih berupa jalan tanah dan hutan. Lebih-lebih bila musim hujan kondisi jalan menjadi becek dan licin susah dilewati.

Dengan dibukanya jalan oleh Kodim 0308/Pariaman dalam momen TMMD ke-110 ini kelak bisa dilewati dan mempermudah akses transportasi setiap saat, baik pejalan kaki, sepeda motor maupun mobil.

Di tempat terpisah Komandan Kodim (Dandim) Letkol Czi. Titan Jatmiko menjelaskan, "Program TMMD bertujuan sebagai upaya mempercepat pembangunan di Nagari (Desa) yang terisolir. Harapannya, Nagari (Desa) yang menjadi sasaran TMMD akan semakin maju dan berkembang sehingga secara otomatis akan memacu kelancaran transportasi dan perekonomian warga" unkapnya.

"Disamping itu melalui TMMD ini akan berdampak positif bagi masyarakat guna mempererat kemanunggalan TNI dengan Rakyat dalam menunjang stabilitas Nasional" tutup Dandim 0308/Pariaman.

Satgas Pra TMMD Ke 110 TA 2021 Kodim 0308/Prm Melaksanakan Pembuatan Jembatan Sebelum Hari H

Sejumlah Satgas pra TMMD Kodim 0308/Pariaman bersama warga setempat melaksanakan pembuatan bangunan jembatan sebelum hari H pelaksanaan TMMD dimulai di Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, Minggu (21/02/21).

Dengan Tingginya semangat TNI dan Warga Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung melaksanakan manunggal bersama walaupun di hari libur.

Danramil 01/Pariaman Mayor Inf. Irwan Taufiq menyampaikan pada kegiatan waktu apel pagi, bahwa kita harus memaksimalkan satgas Pra TMMD ini agar semua pekerjaan yang berat cepat terselesaikan dan kita tidak kewalahan sewaktu pelaksanaan TMMD di mulai.

Pembuatan jembatan tersebut segera cepat di laksanakan agar di waktu penutapan TMMD ke-110 jembatan tersebut bisa di lalui oleh masyarakat karna dengan rentang waktu pra TMMD dan pada waktu Penutupan TMMD jembatan tersebut benar benar kokoh dan bisa di pergunakan oleh masyarakat pada jangka waktu yang lama.

Daramil 01/Prm juga menyampaikan kepada setiap anggota untuk selalu memperhatikan faktor keselamatan di dalam bekerja dan tidak mengabaikan Protokol kesehatan pada masa COVID-19 ini. (R/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top