Kaperw BKKBN Etna Estelita Launching Sergap Kakab V, Inovasi DPPKB Padang Pariaman


Sunur Barat, CanangNews – Walaupun di tengah pandemic covid-19, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman tetap melaksanakan program inovatif “Serentak Menggarap Kampung Keluarga Berkualitas (Segap Kakab) V”. Kegiatan ini melibatkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat, Kantor Kementerian Agama, BPJS Kesehatan dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain. 

Launching atau peresmian Sergap Kakab untuk yang kelima kali semenjak DPPKB dikepalai dr H Aspinuddin ini dilakukan oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Kaperw BKKBN) Provinsi Sumatra Barat Ir Hj Etna Estelita MSi di Kampung KB Kencana Sejahtera Korong Pintir Kayu bertempat di ruang pertemuan Kantor Walinagari Sunur Barat, Kecamatan Nan Sabaris, Kamis (26/11/2020). 

Hadir dalam acara ini antara lain Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Padang Pariaman H Surisman Syukur SE, Ketua Baznas Kabupaten Padang Pariaman Dr Rahmat Tuanku Sulaiman S Sos S Sos I MM dan Wakil Ketua II Dr Zulfami MPd, Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia Drs H Martias Mahyuddin MSc, Walinagari Sunur Barat Sukardi Syukur, jajaran DPPKB, Kader KB dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. 

Ketika memberikan kata sambutan, Etna Estelita menyatakan aspresiasi yang sangat luar biasa kepada Kepala DPPKB Aspinuddin atas inovasi sergap kakab. Tidak hanya melibatkan banyak OPD, tetapi mendapat dukungan program dan pendanaan dari baznas serta BPJS Kesehatan. 

"Inovasi ini patut ditiru oleh OPD-OPD lain di seluruh kabupaten / kota se-Sumatra Barat, bahkan Indonesia," ujar Etna yang sebelumnya Kaperw BKKBN Provinsi Bangka Belitong. 

Sebelumnya, Kepala DPPKB dr Aspinuddin melaporkan, kegiatan sergap kakab mempunyai inovasi: Pertama, cakau (cari akseptor setiap bulan untuk menekan angka unmet need. Kedua, kopidarat (komprehensif online untuk data akurat di Kampung KB). Ketiga, berebere (Bengkel GenRe Bereputasi). Keempat papapatenbana (Padang Pariaman Bersama Penganten yang Berencana). 

"Kegiatan hari ini merupakan sergap kakab yang ke-5 dan saat ini masa pandemi. Kita sengaja untuk membatasi agar tidak terlalu banyak terjadi kerumunan. Namun, hal ini tidak mengurangi semangat kita dalam membangun 22 Kampung KB di Kabupaten Padang Pariaman," kata Dokter Jimi, sapaan dr Aspinuddin.  

Ia menambahkan, sebelum launching hari ini, pihaknya bersama Baznas dan OPD terkait sudah melakukan intervensi sejak sebulan lalu. Di antaranya : rehab rumah tidak layak huni, pembuatan jamban sehat dan bantuan beasiswa yang dipelopori oleh baznas, bantuan bibit ikan nila oleh Dinas Perikanan, kegiatan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil oleh Disdukcapil, bantuan kitab suci Al-Qur'an oleh Kemenag serta pelayanan BPJS Kesehatan. 

Menjelang acara launching, Dokter Jimi mengajak Kaperw BKKBN Etna Estelita dan Anggota DPRD Surisman Syukur meninjau Rumah Data Kependudikan (Rumah Dataku) di Korong Pintir Kayu. (Nur Octavia Syamsul / Jefry / ZT) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama