Debat Kandidat Paslon Mentawai Digelar 16 Januari

Mentawai,Canangnews – Pelaksanaan Debat kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat bakal  digelar pada 16 Januari 2017.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui  Divisi teknis , Bastian di Tuapejat, Sabtu, menjelaskan jadwal yang ditetapkan tersebut merupakan kesepakatan KPU dan dua pasangan calon.

"Rencana awal, debat kandidat pertama kami jadwalkan memang pada 14 Januari, namun setelah melakukan rapat dengan tim kedua pasangan calon, jadwal diundur menjadi 16 Januari 2016 dan dilaksanakan di Hotel Grand Viona Tuapejat," katanya.

Dikatakan pengunduran dari jadwal semula terkait dengan persiapan masing-masing pasangan calon dan saran dari tim panelis yang ditunjuk oleh KPU Mentawai.Debat kandidat Pilkada Mentawai digelar sebanyak dua putaran, untuk putaran kedua pada 23 Januari 2016.

"Untuk lokasi debat kandidat tahap kedua belum bisa kami tentukan sekarang," katanya.Terkait dengan durasi debat kandidat, Bastian menyebutkan, kegiatan itu akan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 10.30 WIB.
Artinya debat kandidat itu hanya 90 menit, itu waktu minimal bisa jadi ada tambahan waktu," katanya.

Ia mengatakan, untuk panelis dalam kandidat KPU Mentawai menetapkan sebanyak tiga orang. yakni satu akademisi dari Universitas Bung Hatta dan dua lainnya dari akademisi Universitas Andalas (Unand) Padang.

Tahap pertama akan membahas politik, hukum, ekonomi, dan pelayanan publik di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang disingkronkan dengan visi misi dari kedua pasangan calon.

KPU Mentawai katanya hanya mengizinkan 50 orang massa pendukung dari masing-masing pasangan calon untuk masuk dalam ruang debat dengan menggunakan tanda pengenal yang sudah disediakan.

"Kami membatasi jumlah massa yang hadir, yakni hanya 50 orang, hal ini terkait dengan kapasitas ruangan.Jika sudah ketentuan tidak masalah bagi kami, KPU harus memastikan jumlah massa sesuai dengan kesepakatan," katanya.

Pilkada di Kabupaten Kepulauan Mentawai diikuti dua pasangan calon. Pasangan nomor urut satu yakni Yudas Sabaggalet-Kortanius Sabeleakek, yang diusung partai PDI-P, Nasdem, Golkar, Gerindra, PAN, PBB, PKS, dan Perindo.

Sementara itu pasangan nomor urut dua yakni, Rijel Samoloisa-Binsar Saleleubaja yang diusung oleh partai Hanura dan Demokrat. (***)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama