Subscribe Us

header ads

Ketua Baznas Padang Pariaman Lantik empat UPZ Nagari


Lubuk Alung, CanangNews  – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) merupakan pelaksana mandat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam hal pengumpulan zakat, ujar Ketua Baznas Padang Pariaman Dr Rahmat Tk Sulaiman usai melantik empat UPZ nagari di Kecamatan Lubuk Alung, Jumat (28/8/2020) di aula kantor camat.

Untuk memantapkan kinerja UPZ yang sudah dilantik, Rahmat menjelaskan mekanisme kerja mereka. Sebab peran UPZ sangat strategis dalam peningkatan pengumpulan zakat.

"Berdasarkan Pasal 35 Peraturan Baznas Nomor 2 tahun 2016, UPZ bertugas melaksanakan mandat pengumpulan zakat dari Baznas sesuai dengan tingkatannya. Seluruh hasil pengumpulan dana UPZ wajib disetorkan kepada Baznas Kabupaten Padang Pariaman," ujarnya.

Jika diperlukan, lanjut dia, UPZ dapat melakukan tugas pembantuan pendistribusian dan pendayagunaan zakat dengan porsi paling banyak sebesar 70% dari dana yang dikumpulkan oleh UPZ.

"Dengan demikian, UPZ boleh mengusulkan program pendistribusian. Sebab, diyakini bahwa UPZ lebih tahu dengan calon mustahik di wilayah kerjanya, sehingga dapat menyalurkan dengan tepat sasaran," tambah doktor marketing ini.

Kepada walinagari yang hadir, ia menghimbau agar memastikan bahwa warga yang mengusulkan proposal bantuan ke baznas benar-benar masuk kategori dalam asnaf delapan. Ia juga mengajak pengurus masjid untuk membentuk UPZ di masjidnya.
UPZ masjid bahkan dapat melaksanakan tugas pembantuan pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat sebesar 100%. Hal ini dipandang sangat strategis dalam mengentaskan kemiskinan.

"Kita bekerja dengan pendekatan kolaborasi. Semua potensi dan sumber daya yang ada di Padang Pariaman kita optimalkan untuk memaksimalkan pengumpulan zakat, sehingga dapat memberikan solusi terhadap permasalahan mustahik," katanya lagi.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Camat lubuk Alung Herman K, kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Danramil, Ketua MUI, walinagari masing-masing UPZ nagari yang dilantik serta penyuluh agama se-Kecamatan lubuk Alung. Ikut hadir unsur Pimpinan Baznas Padang Pariaman antara lain Wakil Ketua I H Masrican, Wakil Ketua II Zulfami dan Wakil ketua IV Zulherman.

Acara berlangsung aman dan lancar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Setelah pelantikan dilakukan penyerahan plang nama dan stempel UPZ serta kertas satu rim sebagai bekal dasar dari UPZ dalam memulai kegiatan. (R/ZT)

Posting Komentar

0 Komentar