AGAM, -Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam lakukan penyemprotan disinfektan kesetiap rumah dan perkarangan warga di nagari itu, Selasa (31/3/20).
Wali Nagari Garagahan, Darmalion, S.Sos, menjelaskan penyemprotan yang dilakukan ini berdasarkan intruksi Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, sekaligus bentuk keseriusan nagari dalam mendukung program pemerintah terkait pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
“Kita telah menyiapkan bahan mentah disinfektan sekitar 91 liter. Jika dicampur air menjadi 1.365 liter, yang diperuntukkan bagi 2.302 unit rumah di jorong,” terang Darmalion.
Saat ini, kata dia lagi, telah dibentuk satuan petugas (Satgas) Covid-19 di Nagari Garagahan. Ini melibatkan 16 dusun dan empat jorong. Untuk
Kegiatan ini, melibatkan aparatur nagari, bhabinkamtibmas, bidan desa dan warga setempat.
“Mereka bahu membahu melakukan penyemprotan ke rumah warga,” terang Darmalion lagi.
Sementara itu, penyemprotan kerumah ini telah dilakukan di Dusun Simaruok Jorong II Nagari Garagahan, Minggu (29/3/20). Kegiatan itu mendapat respon positif dari masyarakat setempat.
“Semoga setelah kegiatan ini, warga bisa melakukan penyemprotan secara mandiri dengan cairan disinfektan yang dibuat dari bahan yang ada dalam rumah tangga,” kata dia lagi.
Sebelumnya, Pemerintah Nagari Geragahan juga melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan tempat keramaian, seperti masjid, mushalla dan warung-warung. (BJR)