Subscribe Us

header ads

Bawaslu Pusat Turunkan Instruksi Panwaslu Kecamatan Lakukan Perekrutan

Tuapeijat Canangnews ,Bawaslu Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai laksanakan rapat pembentukan Panwaslu desa yang akan diterapkan  oleh Panwaslu tingkat kecamatan di masing masing Kecamatan yang ada di lingkup Mentawai .

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepuluan Mentawai Ferry Sabaggalet mengatakan berdasarkan instruksi  dari Bawaslu Repuplik Indonesia untuk melakukan perekrutan terhadap panwaslu tingkat desa oleh Panwaslu kecamatan demi kelancaran terlaksananya pemilu serentak diseluruh indonesia 

"Berdasarkan sk dan juknis dari Bawaslu Repuplik Indonesia no 0215 bahwa Indonesia patut  membetuk panitia kecil desa yang disebut dengan panuaslu desa dalam mensukseskan pemilihan serentak se-Indonesia katanya kepada Canangnews saat dimintai keterangan diruang kerjanya Jumat (14/2/20).

Dilanjutkan Ferry instruksi tersebut sudah ditanggapi langsung oleh pihak panwaslu di sepuluh kecamatan se-kabupaten Kepulauan Mentawai berdasarkan tahapan tahapan yang berlaku .

mulai Dari tanggal 10 sampai tanggal 16  kita umumkan pendaftaran supaya calon peserta yang mau ikut ambil bagian mempersiapkan dirinya  ,sementara untuk penerimaan berkas bagi calon panwaslu desa itu kita mulai buka 16 hingga 22 yang akan berpuncak pada pelantikan terhadap panwaslu yang terpilih pada tanggal 13 Maret dengan rentan waktu ke 20 dan ini sesuai dengan juknis Bawaslu Repuplik Indonesia ucapdia.

Ia juga menyampaikan bahwa perekrutan ini dilakukan berdasarkan tanggung jawab bukan berdasarkan Pokja dan hal tersebut dilakukan oleh ketua beserta anggota panwaslu kecamatan .

Kita mengundang ketua dan anggota panwaslu dari sepuluh kecamatan untuk mendengarkan paparan dari Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam merekrut panwaslu tingkat desa.

Feryy menyampaikan bahwa pemilihan kepala daerah akan dilaksanakan pada tanggal 23 sebtember 2020 untuk di 13 kabupaten Kota untuk pemilihan gubernur bupati dan walikota ada enam kabupaten di Sumbar dan salah satunya Mentawai .

Menurut dia ,kendala yang akan dihadapi oleh pihak calon panwaslu dari desa menuju kecamatan salah satunya adalah kondisi geografis dan arungi lautan untuk itu pihak Bawaslu mesti mencari solusi jitu untuk memperlancar proses tersebut .

Dirinya  menilai perekrutan kali ini cukup sulit perekrutannya terlebih sicalon untuk setiap desa sudah punya propesi lain untuk itu panitia panwaslu mesti ekstra hati hati dalam memilih dan menetapkan petugas panwaslu desa .

Namun kali ini persyaratan untuk kesehatan cukup mendapat kemudahan sebab sekarang untuk surat berbadan sehat tidak harus mengurus surat kesehatan dirumah sakit namun dapat melalui petugas kesehatan di Pustu saja .
Terkait jaringan dalam memperlancar lingkan ke Bawaslu pusat berkas yang sudah diterima pihaknya akan mencari solusi supaya lancar pengiriman sebab yang akan diisi oleh si anggota adalah geogle foom untuk membuktikan bahwa si panwaslu desa sah .

Dirinya menegaskan ,bila ternyata calon terdaftar adalah pengurus partai politik maka akan dibatalkan dan akan digantikan oleh yang lainny .

Ia berharap kepada ketua dan anggota panwaslu kecamatan supaya melakuka. Perekrutan sesuai aturan yang berlaku sehingga semuanya berjalan dengan lancar .( Johan) 







Posting Komentar

0 Komentar