Header Ads

jasa

KPU Pariaman Bentuk Relawan Demokrasi

Pariaman,canangnews------- Jelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres April 2019 untuk meningkatka partisipasi masyarakat  maka,Komisi Pemihan Umum (KPU) Pariaman  membentuk relawan sekaligus memberikan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) terhadap 55 orang relawan Demokrasi Pemilu pada Senin hingga Selasa (21-22/19) di salah satu hotel di kawasan by pass Jati Kota Pariaman.
Doni Kardinal Kordiv Sosialisasi Partisiapasi Masyarakat dan Pendidikan Pemilih KPU Kota Pariaman, Senin (21/1) menyebutkan dari 168 orang relawan demokrasi yang mendaftar terpilih diantaranya sebanyak 55 orang.
"Relawan Demokrasi ini merupakan perpanjangan tangan dari KPU untuk memberikan sosialisasi, meningkatkan partisipasi dan pendidikan pemilih yang ada di Kota Pariaman terhadap 10 basis sebagaimana tertuang dalam surat edaran KPU RI," sebutnya.
10 basis tersebut diantaranya, Basis keluarga, pemula, muda, perempuan, penyandang disabilitas dan berkebutuhan khusus, marginal, keagamaan, warganet serta komunitas.
"Setiap basis dibutuhkan 5 orang relawan, dan 1 orang diantaranya merupakan penyandang disabilitas yang ditempatkan dan menyasar kaum disabilitas dan berkebutuhan khusus," ulasnya
Sasaran kerja relawan demokrasi nantinya adalah ke 10 basis di masing-masing tempat mereka tadi, yang dimulai dari bulan Februari hingga pertengahan April 2019.
Salah satu tujuan dibentuknya relawan demokrasi ini adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih. "kita berharap target partisipasi pemilih di pariaman dapat lebih meningkat dari pemilu sebelumnya 74,96 6% menjadi 77,5% bisa dicapai sebagaimana yang ditarget KPU RI," harapnya.
Untuk menghindari para relawan demokrasi yang relatif masih muda ini terafilisiasi dengan peserta Pemilu.Ia mengatakan, selain perjanjian melalui surat kontrak kerja, dalam penyajian materi Bimtek juga diberikan penekanan-penekanan tidak bolehknnya relawan demokrasi melakukan keberpihakan pada peserta pemilu. (man/mk)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.