Kemendes PDTT RI Laksanakan Pelatihan Jurnalistik dan Literasi Digital di Nagari Lubuk Pandan

0
Lubuk Pandan, CanangNews - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI) melalui Duta Digital Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik dan Literasi Digital di Nagari Lubuk Pandan. Kegiatan ini dibuka Camat 2x11 Enam Lingkung yang diwakili Kepala Seksi (Kasi)  Pemerintahan Yesi Syamsul SE MM bertempat di aula lantai dua kantor walinagari, Selasa (21/5/2024).

Ketika memberi pengarahan, Camat 2x11 Enam Lingkung menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia menyebut materi pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi peserta yang umumnya generasi milenial.

"Ikutilah kegiatan pelatihan ini dengan sepenuh perhatian. Kalau perlu, aktif bertanya kepada narasumber untuk mempertajam pemahaman," ujar Yesi. 

Hal yang sama dikemukakan Walinagari Lubuk Pandan Yudhi Ferianto SP ketika memberi kata sambutan. Ia mengajak peserta aktif memanfaatkan fasilitas yang diberikan Kemendes PDTT RI kepada Nagari Lubuk Pandan sebagai Pilot Proyek Desa Cerdas. 

"Dengan digitalisasi banyak hal yang dapat kita lakukan, terutama oleh generasi milenial yang jadi peserta pelatihan ini," kata Yudhi Ferianto. 

Sebelumnya, Duta Digital Kabupaten Padang Pariaman Arfinaldi SST melaporkan, kegiatan ini diikuti 35 peserta, masing-masing tujuh orang dari lima korong: Balai Satu, Kambang, Kampung Panyalai, Kampung Guci dan Padang Bukit.

 "Kita mengundang dua narasumber yang mumpuni dalam bidang masing-masing, yakni Zakirman Tanjung sebagai pemateri jurnalistik dan Dodi Saputra sebagai pemateri literasi digital," ujar Arfinaldi yang merupakan Sarjana Sains Terapan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Ketika menjawab pertanyaan wartawan, Arfinaldi yang didampingi Kader Digital Nagari Lubuk Pandan Nico Arylandy Saputra SAk menjelaskan, saat ini di Kabupaten Padang Pariaman terdapat 20 nagari sebagai pilot proyek (percontohan) desa cerdas binaan Kemendes PDTT RI.

Ke-20 nagari itu adalah Sikucur, Campago di Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kudu Gantiang (V Koto Timur), Sungai Sariak (VII Koto), Tandikek Barat (Patamuan), Guguak (2x11 Kayutanam), Sungai Gimba Ulakan (Ulakan Tapakis), Kurai Taji (Nan Sabaris), Toboh Gadang Timur (Sintuak Toboh Gadang), Toboh Ketek, Pakandangan, Parikmalintang, Pakandangan (Enam Lingkung), Kuranji Hulu (Sungai Geringging), Lubuk Pandan, Sungai Asam (2x11 Enam Lingkung), Kasang, Sungai Buluh Timur (Batang Anai), III Koto Aur Malintang Selatan (IV Koto Aur Malintang), Punggung Kasiak (Lubuk Alung) dan Kuranji Hilir (Sungai Limau).

Zakirman Tanjung tampil sebagai pemateri sesi pertama. Penulis dan wartawan yang sudah aktif sejak tahun ini tak hanya mengupas tuntas teori jurnalistik, tetapi memotivasi peserta menjadi penulis dan jurnalis handal dalam jagad digital. 

Sedangkan pemateri sesi selanjutnya, Dodi Saputra, memaparkan literasi digital. Kedua pemateri dimoderatori oleh Zulkhi Edri. (*)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top