Daftarkan Diri Sebagai Calon Wakil Walikota Pariaman ke PAN dan PPP, Edison TRD Dipercaya dapat Dukungan Besar dari Wilayah Utara

0


CANANGNEWS - Politisi senior sekaligus pengusaha sukses bidang properti, Edison TRD, SH, MH, mengembalikan formulir pendaftaran untuk calon Wakil Walikota Pariaman ke DPD Partai Amanat Nasional (PAN) dan DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk Pilkada Pariaman 27 November 2024 mendatang, Minggu (26/5). Kedua kantor partai itu berlokasi di Jalan Imam Bonjol Pariaman Tengah.


Dengan pengembalian lembaran formulir yang sudah diisi data dan sejumlah persyaratan itu, tokoh masyarakat dari Pariaman Utara ini dinyatakan resmi telah mendaftarkan diri ke Partai PAN dan PPP. Berkas pendaftaran ini nantinya akan diproses sesuai mekanisme di kedua partai tersebut.


Ipar mantan Menteri ESDM Archandra Tahar itu nantinya akan bersaing untuk mendapatkan rekomendasi Partai PAN dan PPP untuk diusung menjadi pasangan calon walikota dan wakil Walikota yang akan didaftarkan ke KPU Kota Pariaman pada Agustus mendatang.


Anggota DPRD Kota Pariaman dari Partai Hanura ini didampingi sekitar 50 tokoh masyarakat, pemuda dan Bundo Kandung dari Pariaman Utara, Pariaman Timur, Selatan dan Tengah. 


Di kantor yang disebut Rumah PAN, Rombongan Edison TRD disambut oleh panitia penjaringan Pilwako Pariaman PAN yang dipimpin oleh Sekretaris DPD PAN, Indra Jaya. Sementara di Kantor PPP, Rombongan disambut langsung oleh Sekretaris DPW PPP Sumbar, Mulyadi, beserta Ketua DPC PPP Kota Pariaman, Nasril.


Sekretaris DPD PAN, Indra Jaya mengatakan, selama satu bulan dibukanya pendaftan di Rumah PAN, dan akan ditutup besok harinya, sudah 7 bakal calon mengembalikan formulir pendaftan. 


"Yang sudah mengembalikan formulir ke Partai PAN sudah 5 bakal calon dari luar kader, dan 2 orang kader internal PAN," kata Indra Jaya.


Disampaikan Indra Jaya, Edison TRD satu-satunya tokoh dari Pariaman Utara yang mendaftarkan diri ke DPD PAN - yang dipercayainya akan mendapatkan dukungan besar dari pemilih di wilayah Pariaman Utara itu. 


Peluang Edison TRD menurutnya juga sangat besar karena memiliki reputasi bersih, baik sebagai politisi, maupun sebagai seorang pengusaha sukses.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Penjaringan Pilwako Pariaman DPD PAN, Dicky Samardi. Ia bahkan menyebut elektabilitas Edison TRD cukup signifikan di antara nama-nama tokoh yang sudah masuk dalam daftar nama yang disurvei sejumlah lembaga independen.


Sementara Edison TRD mengatakan Partai PAN merupakan partai besar yang selalu bersinar, khususnya di Sumatera Barat. Bahkan di kota Pariaman PAN memenuhi perolehan satu fraksi di DPRD Kota Pariaman pada Pileg 14 Februari 2024.


Saat ini, diakui Edison TRD, belum ada tokoh masyarakat dari Pariaman Utara yang mencalonkan diri. Padahal menurutnya masyarakat Pariaman Utara dikenal kompak dan saling mendukung.


"Mewakil Pariaman Utara saya menyatakan maju calon wakil walikota Pariaman periode 2025-2030 setelah mendapatkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat. Niniak Mamak juga menyepakati untuk Pilkada saat ini Pariaman Utara mesti memiliki calon, juga mesti didukung penuh," ucapnya.


Di saat yang sama, Tokoh Pariaman Utara, Oyong Sri, menyatakan masyarakat Pariaman Utara sudah lama berkeinginan memajukan calon. 


Untuk saat ini, kata Ketua BPD Desa Balai Nareh itu, sudah disepakati nama Edison TRD sesuai dengan aspirasi mayoritas masyarakat Pariaman Utara.


"Kita sepakat dukung sepenuhnya. Selama ini Edison TRD sudah berbuat banyak. Beliau sangat aktif di tengah masyarakat. Suka menolong, loyal dan selalu berada di tengah masyarakat," tuturnya.


Prinsipnya, kata Oyong Sri, tokoh masyarakat, Pemuda dan Bundo Kanduang di wilayah kecamatan Pariaman Utara, siap berjuang bersama memenangkan Edison TRD di Pilkada mendatang dengan siapapun ia berpasangan nantinya.


Di lain pihak, Ketua DPC PPP Kota Pariaman, Nasril mengatakan sudah ada 5 tokoh yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran ke DPC PPP. Dari 5 tokoh itu, hanya satu orang dari internal PPP, yakni Mulyadi.


Di saat yang sama, Sekretaris DPW PPP Sumbar, Mulyadi mengatakan sosok Edison TRD tidak asing lagi bagi anggota DPRD Kota Pariaman tiga periode itu.


Bahkan selama periode 2009 hingga 2019, PPP dan Hanura membangun koalisi fraksi Nurani Pembangunan di DPRD Kota Pariaman.


"Beliau politisi Hanura beraura PPP. Sosoknya tidak asing lagi bagi kader PPP," ucap Pimpinan DPRD Kota Pariaman itu.


Secara pribadi, Mulyadi menilai Edison TRD adalah sosok yang mudah bergaul dengan siapa saja. Sangat fleksibel dan tidak membeda-bedakan teman.


"Beliau juga orang yang konsekuen, komunikatif dan bisa bergaul dengan siapa saja. Sebagai politisi senior, beliau juga menjadi mentor bagi politisi lainnya, termasuk saya," pungkasnya.


Edison TRD sendiri sebelumnya pernah mencalonkan diri di Pilkada Pariaman 2013-2018 berpasangan dengan Yulinesra. Pilkada yang saat itu diikuti 7 pasang calon, akhirnya dimenangkan oleh pasangan Mukhlis Rahman - Genius Umar. (OLP)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top