Cuci Kaki Orang Tua

Pilot Canang Sumbar
0

Perpisahan Siswa/i MTsN 4 Sijunjung Luar Biasa


Sijunjung canangnews.com_Kamis 30/05/204 Pagi ini kita berkunjung ke salah satu sekolah. Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sijunjung yang terletetak di Nagari Sumpur Kudus Selatan tempat kelahiran Prof. Dr. Buya Syafi'i Ma'arif di Jorong Calau. 


Hari ini merupakan hari kebahagiaan bagi 74 orang siswa/i MTsN 4 Sijunjung, karena mereka sudah menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun, tiba masanya mereka berganti kostum dari putih dogker ke putih abu-abu, untuk melanjutkan cita-cita.


Semula acara perpisahan ini akan dilaksanakan di luar sekolah namun karena ada Surat Edaran dari Pemerintah mengingat dan menimbang cuaca yang kurang baik karena banyaknya bencana saat ini yang sedang menimpa Sumatera Barat, acara diadakan di dalam sekolah saja.


Kepala MTsN 4 Sijunjung memberika nasehat kepada para siswa/i kelas IX


Acara dibuka secara resmi oleh kepala sekolah Yanfa'unnas S.Ag dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa nasehat kepada para siswa/i: Dengan nilai agamo adat ndak akan binaso agamo akan tajago, lanjutkan pendidikan ananda ketingkat yang lebih tinggi. Ada banyak prestasi yang sudah kita raih baru-baru ini MTsN 4 SJJ meraih juara 1 dalam acara Pemisiwa cup SMKN 8 SJJ 2024 dalam kejuraan Sepak Bola Se- Kab. Sijunjung. Motto acara kita : Kebersamaan adalah anugerah dan perpisahan adalah awal untuk meraih cita-cita.


Selanjutnya arahan dan Nasehat dari komite sekolah Khairul Basri (Wali Nagari Sumpur Kudus Selatan) : Akhlak lebih utama kemudian baru ilmu, jadilah anak yang berilmu dan berakhlak. Maju bersama untuk generasi masa depan.


Terakhir sabutan oleh Camat Kecamatan Sumpur Kudus Fery Yurnalis, S.STP: Jangan ada yang putus sekolah, untuk siswa yang tidak punya biaya ada bantuan dari pemerintah. Indonesia emas, generasi emas, maksimal pendidikan jangan hanya berhenti di jenjanng SLTP. Ijazah tidak menjamin kesuksesan namun kesuksesaan itu tergantung nasib. 


Sambutan Camat Sumpur Kudus Fery Yurnalis, S.STP


Cukup banyak juga tamu hadir memadati halaman sekolah baik dari Nagari maupun dari kecataman, Camat bersama rombongan, Danramil, Wali Nagari sealiran Batang Sumpu, Bpk/ibu Kepala Sekolah, Wali Murid, Siswa/i, Majelis guru serta Tokoh Masyarakat.


Terakhir acara ditutup dengan makan bajambah dan acara cuci kaki yang dilakukan para siswa/i terhadap kedua orang tua mereka, acara ini sebagai bentuk rasa hormat dan sayang atas pengorbanan yang telah diberikan kepada buah hati mereka, dengan tangis dan berurai air mata mereka membersihkan dan menyapu kedua kaki yang telah melangkah mencari nafkah untuk mebiayai sekolah mereka.


Pelukan, cium kening, tangan dan kepala, bagaimana layaknya dulu orang tua memperlakukan mereka saat kecil, saya tersenyum bahagia melihat pemandangan ini. Luar biasa, yang mana selama ini kita lihat anak-anak setelah lulus sekolah di luar sana ada kegiatan coret-coret baju, kompoi, joget-joget yang mana semua itu tiada manfaatnya. Tapi MTsN 4 Sijunjung berbeda, saya apresiasi kegiatan ini, patut ditiru.


74 Siswa/i mencuci kaki orang tua mereka di depan kelas mereka


Demikianlah yang dapat kami laporkan dari lokasi, sekian terima kasih. Wassalam Pardi Syahri Guru SMKN 8 SIJUNJUNG.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top