Abrasi Kian Mengancam TPU,Desa Muara Sikabaluan Timbun Lokasi Cafe Boba.

Sikabaluna
0


Sikabaluan Canangnews,Abrasi pantai yang terjadi beberapa hari belakangan ini kian mengganas banyak pepohonan kokoh tumbang,akibat gelombang besar yang menghantam bibir pantai.

Demikian pula pusara bagi umat islam dan kristen di lokasi TPU pantai Sikabaluan semakin hari semakin menghawatirkan.

Batu penahan abrasi tidak begitu berfungsi apabila ada gelombang besar disertai angin kencang.

Bukan hanya pepohonan,salah satu cafe langganan warga juga amblas di bagian tempat bersantai.

Hal tersebut menimbulkan simpati yang mendalam dari pihak Desa  Muara Sikabaluan untuk lakukan penanganan darurat sebagai penahan Abrasi pantai berkelanjutan.

Karung khusus merek Geobag adalah solusi terbaik sementara untuk menahan bibir pantai supaya tidak terlalu amblas.

Dengan diperbantukan alat berat Excavator  merek Daihatsu membantu penimbunan darurat yang dimulai dari pondok Cafe Boba pantai muara Sikabaluan.

Kegiatan tersebut sempat mendapat kritikan dari sebagian pihak dimana penimbunan dengan bahan karung khusus dengan jumlah 500 lembar apakah akan sampai di lokasi TPU yang justru masuk kategori urgen?

"Apakah karung timbunan ini dapat sampai di lokasi TPU yang seharusnya patut di upayakan cepat karena sudah mengancam kuburan bagi keluarga kita yang sudah meninggal"Ujar Mateus saat memberikan keterangan atas kritikan yang dirinya sampaikan di lokasi pantai Boba Muara Sikabaluan,Rabu 29/05/24.

Lebih lanjut dikatakan dia,harusnya penimbunan dimulai di lokasi TPU sehingga ke khawatiran warga atas ancaman tersebut dapat terobati, tuturnya.

Dirinya berharap pihak kepala dusun setempat mesti mengerti atas kondisi tersebut, disamping itu pihaknya boleh menimbun dan mengamankan lokasi cafe Boba tersebut.

Dalam hal ini kepala desa muara Sikabaluan belum berikan keterangan serta alasan mengapa yang diprioritaskan justru lokasi Boba duluan.

Meski demikian proses pengisian pasir  dalam karung serta penimbunan darurat untuk menahan abrasi tetap dilakukan  dengan titik pertama di lokasi cafe.

Kepala Desa Muara Sikabaluan dalam keterangannya mengatakan pihaknya akan menimbun bibir pantai untuk menahan abrasi tersebut sebanyak berapa karung yang tersedia.

"Sebanyak lima ratus lembar  karung khusus itu akan digunakan sebagai timbunan penahan abrasi Pantai di muara Sikabaluan saat ini"sambungnya.

Pemakaian karung Geobag untuk sementara sebagai penahan Abrasi pantai belum diketahui berapa kisaran anggarannya untuk keseluruhan.(JS)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top