Cegah DBD Tim Puskesmas Muara Sikabaluan Turun Lapangan

 

Pencegahan DBD oleh tim Puskesmas Sikabaluan Mentawai/ foto, JS


Sikabaluan Canangnews,Tim dari Puskesmas Muara Sikabaluan lakukan Skrining di setiap titik yang dicurigai menjadi tempat bertelurnya nyamuk Aedes aegypti,serta penyebab penularannya.


Kristiani Sagurung, Kepala Puskesmas Muara Sikabaluan mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna mengetahui keberadaan sarang nyamuk yang berakibat terjadinya Demam Berdarah Dengue.(DBD)


Dirinya mengatakan,serangan dari nyamuk Aedes aegypti tersebut terbilang sangat cepat penularannya biasanya  melalui gigitan sehingga perlu dilakukan pencegahan sebelum banyak yang menjadi korban,ujarnya 


Adapun gejala yang ditimbulkan akibat efek samping dari gigitan nyamuk Aedes aegypti salah satunya demam yang tidak beraturan.


"Salah satu bentuk pencegahan yang kita lakukan saat ini adalah pengambilan sampel air yang dicurigai menjadi tempat bersarangnya nyamuk Aedes aegypti" ungkapnya kepada Canangnews saat memberikan keterangan Kamis 01/02/24.


Dilanjutkan dia,setiap genangan air yang kotor seperti selokan sudah pasti ada jentik-jentik nyamuknya,untuk itu tim Puskesmas Muara Sikabaluan lakukan penaburan racun jenis insektisida pembasmi jentik agar tidak berkembang dan menjadi nyamuk baru,tuturnya 


Sementara dr Clara Ineke dokter umum di Puskesmas Muara Sikabaluan akan terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat sekitarnya  betapa pentingnya mencegah supaya tidak terjadinya DBD yang berkelanjutan,katanya.


"Kita akan terjun ke berbagai lapisan masyarakat untuk memberikan pemahaman pentingnya menjaga diri serta mencegah terjadinya DBD" ujarnya.


Sementara ditempat yang sama Busri Harun salah satu ASN di Puskesmas Muara Sikabaluan menegaskan bahwa pencegahan terhadap serangan nyamuk Aedes aegypti mesti dilakukan dengan cepat seperti halnya selokan,bak mandi,sumur mesti diwaspadai kerena menjadi sumber dari pembentukan calon indukan nyamuk yang mematikan.


"Solusi terbaik adalah menaburkan bubuk Abate jenis insektisida pembunuh jentik -jentik nyamuk untuk menghentikan perkembangannya baru sesudah itu dilakukan Fogging untuk memberantas nyamuk itu sendiri"pungkasnya.(JS)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama