Rapat Koordinasi Langkah Konkret Pengendalian Inflasi di Daerah Tahun 2024

 



Inhu canangnews.com Sekretaris daerah kabupaten Indragiri Hulu, Ir. H. Hendrizal. M. Si beserta Tim Pengendalian Inflasi daerah (TPID) Kabupaten Indragiri Hulu di Ruang VIP Lt.4 Kantor Bupati Kab Inhu mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah 2024 yang digelar secara virtual oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Senin, (15/1/2024).


Rakor tersebut dipimpin oleh Irjen Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Tomsi Tohir, sebagai langkah strategis untuk menjaga stabilitas ekonomi dan mengendalikan laju inflasi di tingkat daerah.



Rapat daring ini dihadiri oleh seluruh kepala daerah untuk membahas dan menyusun langkah-langkah konkret dalam menanggulangi dampak inflasi yang mungkin terjadi di wilayah masing-masing. 


Irjen Kementerian Dalam Negeri menyoroti kenaikan inflasi yang terjadi di banyak daerah meliputi kenaikan harga beberapa komoditas diantaranya harga beras, cabai, bawang putih dan minyak goreng. Beliau meminta langkah kongkrit lembaga yang menangani agar segera bertindak cepat. "Jangan menunggu harga naik baru bertindak, tetapi bagaimana caranya mengatasi agar harga tidak sampai naik", ungkau beliau.


Rapat berakhir dengan kesimpulan yang disampaikan oleh Irjen Kemendagri Tomsi Tohir kepada beberapa stakeholder agar mempersiapkan laporan yang harus disampaikan pada rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah 2024,


selanjutnya diantaranya kementerian pertanian terkait persediaan bawang putih dan penyediaan bibit cabai berkualitas, kementerian perdagangan terkait harga minyak goreng yang semakin melambung, begitu juga dengan Bulog terkait harga beras yang juga penyumbang inflasi terbesar serta kepada satgas Polri agar turun kelapangan melakukan pengecekan terkait persediaan bawang putih, apakah barang tersebut ditahan atau memang tidak ada" ( Roli )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama