Bupati Inhu Rezita Tinjau Lokasi Banjir dan Serahkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Banjir


INHU canangnews.com  - Hujan yang kian menguyur Kabupaten Indragiri Hulu selama sebulan penuh membuat genangan banjir semakin meluap dibeberapa desa. 


Bergerak cepat merespon bencana banjir yang terjadi akibat hujan dibeberapa titik kecamatan. Bupati Inhu, Rezita terjun langsung untuk meninjau lokasi bencana banjir dan mengunjungi warga terdampak banjir untuk memberikan bantuan, Kamis (04/01/2024).



Hari itu Bupati Rezita meninjau lokasi banjir di lima desa diantaranya, Desa Kuantan Babu Kecamatan Rengat, Desa Danau Baru Kecamatan Rengat Barat, Desa Pasir Ringit Kecamatan Lirik, Desa Pasir Keranji Kecamatan Pasir Penyu, dan Desa Kuala Lalak Kecamatan Sungai Lala.


Debit air yang menggenang terjadi akibat tingginya curah hujan yang turun dalam beberapa waktu belakangan ini. 


Selain melakukan peninjauan lokasi dan masyarakat terdampak banjir Bupati Rezita didampingi Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan OPD terkait membawa bantuan pangan dan obat-obatan untuk dibagikan kepada masyarakat terdampak.



Bentuk bantuan yang diserahkan kepada masyarakat berupa 10 kilo karung beras untuk satu rumah, bantuan obat-obatan untuk penyakit ringan, susu bagi balita, sembako dan puluhan kardus mie instan yang juga turut disumbangkan oleh Baznas Inhu.


Ditengah masyarakat, Bupati Rezita mengungkapkan rasa turut prihatin dan memberikan arahannya untuk tetap semangat melewati bencana banjir bagi warga yang terdampak.


"Hari ini saya bersama rombongan Pemda Inhu berkeliling memantau masyarakat terdampak banjir, sebisa mungkin kami serahkan bantuan yang semoga dapat mencukupi kebutuhan Bapak/Ibu selama mengungsi, karena memang curah hujan yang terus turun tidak mungkin bisa kita elakkan," ucap Bupati Rezita.


Ditengah genangan banjir tersebut, Bupati Rezita juga menyampaikan anjuran kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dengan memperhatikan sampah disekitar agar tidak menyumbat dan menjadi permasalahan bagi aliran air sungai.


Bupati Rezita juga mengingatkan pentingnya untuk menjaga kesehatan baik bagi balita dan orang dewasa. "Meskipun mengungsi, tolong Bapak/Ibu tetap dipastikan menjaga kesehatannya karena bencana banjir ini tentunya banyak mendatangan sumber penyakit," ujarnya.


Tujuan peninjauan Bupati Rezita ke lima lokasi banjir itu juga untuk menentukan solusi terbaik dalam menghadapi bencana banjir sekaligus membantu masyarakat terdampak melewati fase banjir ini.


Dengan salah satunya menghimbau para camat, seperti Camat Sungai Lala untuk memberikan bantuan akses transportasi kepada warga, menginggat banjir yang semakin tinggi berada di Desa Kuala Lalak yang menghubungi antar kecamatan/desa tetangganya.


"Bapak-bapak, Ibu-ibu tetap semangat melewati fase banjir ini, karena mau tidak mau inilah kampung kita harus kita syukuri keadaannya, kami Pemerintah akan selalu berupaya menyalurkan bantuan dan kami berharap bantuan dari kami ini dapat bermakna bagi Bapak/Ibu ditengah kondisi banjir ini," tutur Rezita pada saat dikelilingi kerumunan warga." Sumber : Tim Prokompim Setda Inhu,Ref - CN - Riau

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama