Polsek Batang Cenaku Gandeng BKSDA dan KPBD Sosialisasi Larangan Bunuh Satwa Dilindungi



INHUcanangnews.com  - Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau, melalui Polsek Batang Cenaku melaksanakan cooling system dan Cipta Kondisi (Cipkon) Harkamtibmas Pemilu Damai 2024, serta himbauan pada masyarakat tentang larangan membunuh satwa yang dilindungi.


Sosialisasi dan imbauan tersebut dilaksanakan Polsek Batang Cenaku, Kamis 4 Januari 2024 siang, di Desa Punti Anai, Kecamatan Batang Cenaku, dengan menggandeng Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Inhu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhu, UPK Batang Cenaku dan perangkat desa setempat.


Pasalnya, sejak beberapa hari belakangan, masyarakat Desa Punti Anai, dicemaskan oleh munculnya harimau Sumatera, kerap melintas diruas jalan milik salah satu perusahaan perkebunan di daerah itu. Berdasarkan kondisi itu, Kapolsek menggandeng BKSDA, BPDB Inhu dan UPK Kecamatan Batang Cenaku.


Mengenai kegiatan itu, Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K melalui PS Kasubsi Penmas Polres Inhu, Aiptu Misran, Jumat 5 Januari 2024 siang menjelaskan, ada dua titik lokasi kegiatan Polsek Batang Cenaku tersebut, pertama di kantor Desa Punti Anai dan ruas jalan milik salah satu perusahaan perkebunan di wilayah itu. Kerap terlihat satwa dilindungi, yakni harimau Sumatera.


Ketika acara itu, Kapolsek Batang Cenaku, Iptu Edi Dalianto, S.H menyampaikan, saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi pelaksanaan Pemilu. Dimana, salah satu tahapan Pemilu, yakni kampanye sudah dimulai dari tanggal 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024 mendatang .


Dimasa-masa kampanye, selalu ada isu-isu atau berita hoak yang terkadang dapat menimbulkan keributan dan perpecahan di masyarakat sehingga masyarakat tidak terpengaruh akan hal tersebut. Untuk itu, diharapkan masyarakat dapat menjaga kondusifitas menjelang Pemilu dan dapat menggunakan hak suara dengan baik.

Polsek Batang Cenaku akan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait, khususnya penyelenggara Pemilu di Kecamatan Batang Cenaku dan Polsek Batang Cenaku siap membantu mengawasi dan mengamankan jalannya Pemilu 2024 di Batang Cenaku.

Kapolsek juga mengimbau masyarakat desa Punti Anai, untuk selalu berhati-hati terhadap satwa liar yang buas dan dilindungi, apalagi sejak beberapa hari belakangan, banyak masyarakat yang melihat harimau melintas di ruas jalan salah satu perusahaan." Ref/ CN - Riau

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama