Aksi Bela Palestina, Ribuan Warga Geruduk GOR Rang Agam

Aksi masa bela Palestina mulai dari Stikes Ceria Buana menuju GOR Rang Agam/ foto ist



 

CANANGNEWS-Ribuan warga Kabupaten Agam menggelar aksi kepedulian untuk Palestina, Minggu (26/11). Aksi kemanusiaan tersebut dipusatkan di Lapangan GOR Rang Agam ini berhasil menghimpun donasi hingga puluhan juta rupiah.


Massa aksi mulai berkumpul di depan gedung STIKES Ceria Buana sejak pukul 06.30 WIB. Ratusan warga tampak menggunakan atribut serba Palestina. Mulai dari bendera, syal, jilbab, ikat kepala hingga stiker bercorak bendera Palestina.



Pada pukul 07.15 WIB, massa aksi mulai bergerak menuju kawasan GOR Rang Agam via Padang Baru. Selain berorasi, massa aksi juga melakukan penggalangan donasi di sepanjang jalan menuju panggung utama.


Tampak hadir bersama massa aksi sejumlah tokoh masyarakat, pemuda, santri dan masyarakat umum. Long march massa aksi ini juga dikawal oleh pihak keamaan dari Polres Agam.


Ketua Panitia, Firdaus menyampaikan, aksi kepedulian untuk Palestina tersebut diinisiasi oleh masyarakat yang menghimpun diri dalam Aliansi Masyarakat Kabupaten Agam Peduli Palestina.


“Aksi ini merupakan spontanitas dari masyarakat di Kabupaten Agam yang merasa senasib sepenanggungan dengan saudara-saudara seiman di Palestina,” ujarnya.


Firdaus menegaskan, aksi yang menghimpun ribuan warga Agam tersebut murni gerakan kemanusiaan. Semua peserta yang terlibat merupakan masyarakat dari berbagai lapisan, mulai dari pedagang, guru, buruh, karyawan, tukang ojek, wartawan hingga santri dan pelajar.


“Kami selaku panitia juga mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat yang telah turut bergabung pada aksi ini. Ini murni gerakan kepedulian kita untuk warga Palestina yang sampai kini masih didera penjajahan,” katanya.


Firdaus berharap, aksi-aksi serupa bisa bermunculan di Kabupaten Agam. Sehingga, teriakan dan doa masyarakat Kabupaten Agam bisa terdengar lantang hingga ke Palestina.


Ia menambahkan, pada aksi perdana ini pantia berhasil menghimpun donasi kurang lebih Rp34 juta rupiah. Jumlah tersebut merupakan donasi dari masyarakat dan lelang atribut Palestina.


“Donasi ini seratus persen kami kirimkan untuk warga Palestina,” imbuhnya.


Sementara itu, Camat Lubuk Basung, Hidayatul Taufik, SSTP menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga yang telah terlibat pada aksi bela Palestina.


Menurut camat yang juga motivator ini, panas terik yang menerpa kulit massa aksi belum seberapa dengan yang dirasakan warga Palestina yang saban hari dihantui peluru dan letusan meriam.


“Untuk itu mari kita tengadahkan tangan kita, mari kita berdoa sejenak untuk keselamatan saudara-saudara seiman di Palestina. Semoga penjajahan terhapuskan dari muka bumi ini,” tuturnya. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama