Peringati Dirgahayu RI Ke - 78 Pemko Bukittinggi Gelar Malam Resepsi

Nasrun
0


Wako dan Forkopimda foto bersama siswa MAN 1 dan MIN 1 berprestasi  (foto,nas)



Bukittinggi,Canangnews - Pemerintah kota Bukittinggi peringati  HUT RI Ke 78 dengan rangkaian acara, diantarana, gelar " Malam Resepsi Hari Kemerdekaan  Republik Indonesia ke-78 " di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi. Dihadiri Wali Kota Bukittinggi, Wakil Wali Kota, Ketua DPRD, Kapolres Bukittinggi, SKPD, Forkopimda, Kodim 0304 Agam, Kalapas II A Bukittinggi serta undangan lainnya. Kamis 17 Agustus 2023.


Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, dalam sambutannya, menyebutkan, Indonesia pada 78 tahun merdeka ini sudah banyak perubahan. Dimulai pada Zaman VOC, Hindia Belanda dan zaman  Now.


"Mulai dari TK, PAUD, tempat kursus sampai Universitas, melayani sarjana, S3 di Indonesia. Dari yang kaya, miskin. Ini bentuk kemajuan dan bukti kemerdekaan dan kedaulatan RI diseluruh Indonesia," ujarnya.


Begitu juga dengan kesehatan, yang dibuktikan dengan banyaknya Rumah Sakit, Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS), ada Kartu- kartu lainnya. 


Menurutnya, bagaimana kesejahteraan ekonomi rakyat Kota Bukittinggi, dan Indonesia pada umumnya, bisa bersama-sama merasakan kesetaraan yang dituangkan dalam pemikiran  Proklamator Bung Hatta, tentang Ekonomi Kerakyatan yang bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.


"Menyambut Hari Kemerdekaan ini. Kita sama-sama mengingatkan, bahwa kesatuan dan persatuan, bukan tanggung jawab orang lain, tapi tanggung jawab kita bersama, demi kebaikan dan kesejahteraan bersama," paparnya.


Lanjut, tambahnya, orang Minang Kabau dari dahulunya tidak pernah membuat isu-isu perpecahan dengan NKRI, dan melihat politik pasca Reformasi, terlihat adanya kebebasan berpendapat, diberikan keseluruh warga dan penduduknya.


Kemudian dalam rangka memperhatikan anak-anak yang nantinya generasi yang akan jadi pemimpin dan bermanfaat untuk negara. Pemko Bukittinggi berikan apresiasi atas itu.


Diantaranya, memberikan piagam penghargaan kepada beberapa orang siswa dari MAN 1 Bukittinggi dan MIN Bukittinggi atas keberhasilan mereka dalam Ajang Lomba Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI)2023 yang diadakan oleh Universitas Indonesia (UI) di Depok Jawa Barat beberapa waktu lalu.


Seperti, Juara dan finalis KOSSMI 2023, dibidang Studi matematika, robotic, ekonomi, reporter, fisika, kimia dan photograf.


Pada kesempatan itu, Sekda Kota Bukittinggi, Martias Wanto, selaku panita pelaksana acara, menjelaskan, malam resepsi itu merupakan rangkaian kegiatan Dirgahayu RI ke-78, yang telah dimulai formal dengan peresmian Paskibra, pawai Tabtu 16 Agustus (malam), renungan suci, penaikan Bendera dan penurunan bendera 17 Agustus, serta pawai Alegoris Sabtu 19 Agustus 2023.


"Kita juga menggelar acara yang didistribusikan kepada masyarakat, atau dari masyarakat yang difasilitasi oleh pemko. Sebab pada tahun ini kita betul-betul terlepas dari Covid-19," ungkap Wanto.


Disampaikan, memaknai arti kemerdekaan adalah, bagi Kota Bukittinggi, betapa arti kemerdekaan itu merupakan sesuatu yang mahal, dan harus mempertahankan cita-cita dari pada Pejuang pada masa itu.


" Cita-cita kemerdekaan, kesejahteraan. Ini yang kita tuju dengan peringatan HUT RI Ke-78 ini, dengan harapan semua kita berkoloborasi membangun Bukittinggi yang lebih baik dan hebat kedepannya," tukasnya.


( KH )

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top