Kapolres Inhu Giat Penghijauan Dengan Menanam Pohon Di Dekat Aliran Sungai Indragiri

Canang Riau
0

 

Foto : Kapolres Inhu Dody Wirawijaya Saat Menanam Pohon Di Teluk Erong Inhu



INHU canangnews.com - Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau menggelar penanaman pohon serentak seluruh Indonesia yang ditaja Polri dan dicanangkan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, S.I.K, dilaksanakan seluruh Polda dan jajaran Polres SE Indonesia secara serentak.


Untuk Polres Inhu, penanaman pohon serentak dilaksanakan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Indragiri, Dusun Teluk Erong, Kelurahan Kampung Dagang, Kecamatan Rengat, Rabu 23 Agustus 2023 pagi, ditanam perdana oleh Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K.

Kapolres Inhu, dalam sambutannya ketika acara itu mengatakan, tanaman produksi dan tanaman penghijauan yang ditanam saat ini memiliki aneka manfaat dan memiliki peran yang sangat krusial berkelanjutan bagi lingkungan hidup, khususnya disepanjang DAS Indragiri.


"Kegiatan ini bermanfaat untuk mengurangi abrasi atau erosi sungai, akibat arus sungai, sehingga nantinya akan menarik ekosistem yang berada di DAS sungai ini serta dampak positif lainnya," kata Kapolres.


Ditambahkan Kapolres, secara topografi, wilayah Kabupaten Inhu, khususnya Kota Rengat dilalui oleh Sungai Indragiri, hal ini menghasilkan potensi sekaligus tantangan dan penanaman pohon ini menjadi salah satu hal yang cukup signifikan untuk menjaga kota dari bahaya pasang surut air yang berdampak erosi serta lain lainnya.


Kegiatan penanaman pohon secara serentak ini termasuk salah satu dalam program unggulan Kapolri yaitu, Quick Wins Presisi dan juga masih dalam suasana memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 Tahun 2023, kegiatan ini diharapkan dapat menguatkan semangat dalam merawat dan menjaga eksistensi hutan di wilayah masing-masing.


Kapolres berpesan pada masyarakat, agar tanaman tersebut dijaga, biar tumbuh kuat, lebat dan manfaat. Kedepan ia juga berharap kegiatan positif ini dapat menjadi teladan bagi berbagai perusahaan-perusahaan, khususnya yang ada di Kabupaten Inhu bergerak bersama melakukan penanaman pohon ataupun hal positif lainnya untuk menjaga lingkungan selalu lestari.


Di penghujung sambutannya, Kapolres Inhu menyampaikan beberapa pantun, Tepung gula jadi adonan. Supaya bisa membuat agar-agar. Mari Rawat Pepohonan..

Alam teduh udara segar.

Pergi ke Inhu membeli bolu berendam. Singgah sebentar membeli ikan teri. Pepohonan Hijau mari kita tanam. Agar bumi tetap lestari.


Makan rendang di Kampung Dagang. Dagingnya empuk dicampur kentang. Agar tumbuh Pohon yang rindang. Mari menanam dengan hati yang senang. Jalan-jalan ke kota Rengat. Tidak lupa mengajak teman. Rawat tanaman jangan sesaat. Supaya lingkungan terasa nyaman.


Untuk Polres Inhu dan jajaran Polsek, ditanam sebanyak 3500 batang pohon yang terdiri dari rambutan, durian, petai, jengkol, mahoni, trembesi, gaharu dan tanaman produksi serta pohon penghijauan lainnya.


Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Inhu, yang diwakili Staf Ahli Bupati, Ahmad Syukur, Wakapolres Inhu, Kompol Teddy Ardian, S.H., S.I.K., M.H, Forkopimda Inhu, para PJU dan Perwira Polres Inhu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Inhu, Ori Hanang, Camat Rengat, Danramil Rengat, Lurah Kampung Dagang, Ketua Bhayangkari Cabang Polres Inhu dan anggota serta personel Polres Inhu."( Roli )

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top