PLTS Program Jokowi Akan Dibangun Di Kecamatan Siberut Utara

Sikabaluna
0

Tim PLN Pusat  kawal Pembangunan PLTS Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan di Siberut Utara 

Sikabaluan Canangnews, Pembangkit Listrik Tenaga Surya program Jokowi akan dibangun di 48 titik yang ada di Indonesia.

Salah satu pembangunan fisik PLTS tersebut juga akan dibangun di Kecamatan Siberut Utara tepatnya di jalan Poros antara Sikabaluan dan Monganpoula dengan luas lokasi sebesar 2 hektare.

Kordinator PLN Pusat Made mengatakan, Pembangkit listrik tenaga Surya dibangun guna membantu kerja negara sekaligus meringankan penerangan pada saat lampu PLTD Pokai padam 

"Pembangkit listrik tenaga Surya dengan kapasitas daya tampung 1-2 MW dilengkapi komponen dilahan 2 hektare  di akan kita bangun di lokasi ini,dimana daya tangkap sinar matahari langsung terpancar untuk mengisi panel Surya tersebut sehingga dapat berfungsi untuk masyarakat sekitar"ungkapnya kepada Canangnews saat memberikan keterangan di lokasi rencana dibangunnya PLTS Rabu 24/05/23.

Dilanjutkan dia pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya akan dilakukan secara serentak di 48 titik tersebut sehingga proses pelaksanaan tidak sembarang dilakukan,ujarnya

Dirinya juga menjelaskan bahwa lahan yang rencana akan dilakukan pembangunan PLTS juga akan dicek keafsahannya agar tidak mendapat masalah kedepan bila sudah berjalan nanti,tambahnya.

Sesudah aman dari segi Administrasi barulah akan dilakukan pembersihan lahan serta penimbunan dan pembangunannya,tambah Made.

"Kita juga ditemani tim dari Legal khusus untuk pembebasan lahan  yang akan mengurus administrasi terkait status tanah yang akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan PLTS,jelas Made.

Disamping itu kata dia lokasi yang rencana akan dilakukan pembangunan akan ditimbun supaya pada saat pembangunan nantinya tidak ada kendala dan berjalan dengan lancar.

Paulus Sikaraja, pemilik lahan mengatakan,lokasi yang akan dijadikan tempat PLTS berukuran 2 hektare ditambah jalan sebesar 10x100 didepan sebagai jalan utama menuju Bangunan tersebut.

"Lokasi kita akan dijadikan tempat pembangunan PLTS yang rencananya akan dibangun 6 bulan kedepan tergantung pihak yang bersangkutan,mengenai status tanah itu kita yang punya dan tidak ada sangkut paut dengan yang lainnya" ujar Paulus.

Dirinya menambahkan bahwa lokasi tersebut lumayan lunak sehingga pihak tim melakukan penimbunan yang rencananya akan diambil dari lokasi milik pribadi yang bertempat di Desa Monganpoula,jelasnya .

Disamping itu  dirinya juga akan ikut ambil bagian bila ada yang diperlukan dalam proses pembangunan seperti halnya tukang lokal dan tenaga penjaga,Tutupnya.(JS)

" bila ada tenaga penjaga untuk PLTS dirinya akan menempatkan keluarga agar kondisi kelistrikan aman terkadali" tambah dia. 

Dirinya berharap proses pelaksanaan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat sehingga warga Siberut Utara dapat terbantu dari kondisi lampu sekarang. 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top