Lestarikan Adat Minangkabau, Melalui Lomba Panitahan dam Masak Rendang

Nasrun
0

 

 
Wako Bukittinggi Erman Safar hadir diacara Adat /Nas


BUKITTINGGI,Canangnews -  Minangkabau Sumatera Barat kaya akan adat istiadatnya, salah satunya Panitahan. Panitahan merupakan salah satu acara seremonial dalam adat Minangkabau.


Panitahan artinya musyawarah, diskusi antara dua pihak, yaitu pihak tamu dan pihak tuan rumah. Panitahan terdiri dari kalimat-kalimat yang telah tersusun rapi  dan dilahirkan dalam bentuk tutur kata yang diwariskan dalam suatu kaum adat tertentu, dan biasanya disampaikan pada acara makan bersama yang menghadirkan Ninik Mamak dari kedua pihak, yaitu pihak tamu dan pihak tuan rumah.


Dalam rangka melestarikan adat istiadat Minangkabau, agar tidak terlupakan digenerasi penerus, terutama di Kota Bukittinggi, Pemko Bukittinggi melaksanakan lomba Panitahan dan masak rendang bertempat di Balai Adat Kelurahan Parit Antang, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Selasa (13/12/2022).


Walikota Bukittinggi Erman Safar sangat mengapresiasi dan antusias dengan adanya acara ini, diharapkan anak kamanakan (anak dan keponakan) 


"kita mengetahui dan dekat dengan adat istiadat dan budaya Minangkabau serta cara berpakaian.Kegiatan ini langkah nyata dari Pemko Bukittinggi untuk melestarikan adat istiadat di Ranah Minang, terutama di Kota Bukittinggi, dan juga acara ini sangat didukung oleh Ninik Mamak dan masyarakat Kota Bukittinggi,"ujar Erman Safar.


Dia mengharapkan seluruh masyarakat Kota Bukittinggi ikut memeriahkan Hari Jadi Kota Bukittinggi yang ke 238 tahun, di bulan Desember ini.


"Kita akan merayakannya dengan event PEDATI (Pesta Budaya dan Seni Pameran Dagang dan Industri) tahun 2022 dan mengundang masyarakat Sumatera Barat, masyarakat Indonesia, dan mancanegara untuk datang ke Kota Bukittinggi pada saat acara tersebut," tutup Erman Safar.


Peserta lomba panitahan dan masak rendang diikuti oleh masyarakat umum yang ada di 9 Kelurahan yang ada se Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh  


Hadir dalam acara ini, Ninik Mamak, masyarakat, Pemuda Pancasila, dan Lurah se Kecamatan Aur Birugo Tiga Baleh.


" Kami sangat senang punya Walikota yang selalu support kegiatan-kegiatan yang sifatnya membangun, dan beliau selalu menyempatkan hadir dalam setiap kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat," imbuh Hastin Asih Camat ABTB .


( KH )




 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top