Wali Kota Bukittinggi Himbau Untuk Mewaspadai Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Nasrun
0
Wako Bukittinggi Erman Safar /Foto.Istimewa


BUKITTINGGI,Canangnews.com -  Pemerintah Kota Bukittinggi  melalui Dinas Kesehatan mengambil langkah antisipasi terkait merebaknya kasus gagal ginjal akut.


Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menegaskan kepada seluruh instansi kesehatan di Kota Bukittinggi agar tetap waspada.Hal itu disampaikannya Jum'at, 21/10/2022.di Balai Kota Bukittinggi.


"Pengawasan dan sosialisasi harus ditingkatkan kepada masyarakat. Ini penyakit berbahaya yang bisa menimpa anak anak. Jangan berikan obat kepada anak tanpa rekomendasi dokter,"sebutnya.


Disampaikannya,gencarkan edukasi ke tengah masyarakat, jika menemukan gejala tidak biasa pada anak, orang tua diharap segera membawanya ke fasilitas kesehatan terdekat.


Kepala Dinas Kesehatan Kota(DKK) Bukittinggi, Linda Faroza mengatakan, pihaknya meningkatkan pengawasan terkait hal ini.


"Sejauh ini belum ada laporan terkait kasus ini di RSUD Bukittinggi, tapi kita tetap tingkatkan kewaspadaan, Beberapa kasus yang terungkap ada di Rumah Sakit M. Djamil Padang,"katanya.


Sebelumnya Dinas Kesehatan Sumbar mengumumkan sebanyak 12 anak meninggal dunia akibat mengidap kasus gagal ginjal akut misterius. Kasus ini didominasi anak usia 1 hingga 5 tahun dengan gejala klinis berupa demam, diare dan infeksi saluran pernafasan. Kemudian, gejalanya berkembang menjadi gagal ginjal. 


( Nas )

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top