Tak Hanya Berqurban, Palam SMA 2 Padang Rehab Mushalla An-Nur

0
Kegiatan Pembagian Daging Qurban Palam 1443 H

Padang, CanangNews - Kebersamaan, kekompakan dan Kepedulian Persaudaraan Alumni 1984 (Palam) Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Padang, Provinsi Sumatra Barat, layak menjadi contoh bagi (dan ditiru) oleh ikatan-ikatan alumni sekolah lain. Mereka berhimpun dan berbagi untuk sesama keluarga alumni dan masyarakat. 


Untuk ke-11 kali sejak tahun 2012, Palam SMA 2 Padang kembali menyelenggarakan ibadah qurban bertempat di Mushalla An-Nur Sungai Duo - Sungai Lareh, Kelurahan Lubuk Minturun, Kota Padang, hari ini, Senin 11 Dzulhijjah 1443 (11/7/2022). Pemilihan lokasi Mushalla An-Nur sudah merupakan tahun ketujuh.

Zuhendra (kiri) bersama Anggota Palam

Seorang Panitia Qurban, Zuhendra, yang ditemui Kru CanangNews di lokasi menyebutkan, hari ini pihaknya memotong tiga sapi dengan 18 peserta qurban. "Sebenarnya hanya dua sapi tambah empat peserta. Panitia sepakat menjadikan tiga sapi," ujarnya. 

Peserta terdiri dari Suryani Icun, Dedi Defriadi, Zuhendra, Virza Benzani, Dedi Hudayana, Trin Yulmafirstri dan Defrinal (sapi 1); Armen Pijar, Imran Baidirus, Nova Rina, Nursyamsir, Z Zahirullah, Hendra Jayusman dan Riri Amalas (sapi 2); Mimando, Yushendri, Abdurrahman Fadhil Halim Luthan dan Keluarga Amanda Putri Ashari (istri Abdurrahman) (sapi 3).

Daftar Peserta Qurban Palam 1443 H

Menjawab pertanyaan Kru CanangNews, Zuhendra menjelaskan, pemilihan Mushalla An-Nur sebagai lokasi berqurban sejak tujuh tahun terakhir atas kesepakatan alumni dengan berbagai pertimbangan. Antara lain simpati Palam kepada anggota, Masri, yang mengelola mushalla dimaksud. 

"Tidak hanya sebagai tempat berqurban, Palam SMA 2 Padang juga membantu rehab dan pengembangan Mushalla An-Nur. Selain itu, respons dan dukungan masyarakat setempat sangat baik," ujar Zuhendra, pensiunan Bank BRI tahun 2021. 

Masri (kiri) bersama teman sesama Anggota Palam, Alfi Rusin

Ditemui secara terpisah, Pengurus Mushalla An-Nur yang merupakan Anggota Palam SMA 2 Padang - Masri - mengakui hal itu. Ia menyatakan terimakasih tak berhingga atas kepercayaan teman-temannya sesama tamatan SMA 2 Padang tahun 1984. 

"Alhamdulillah... bantuan atau donasi teman-teman Palam untuk Mushalla An-Nur sangat besar dan luar biasa. Jika ditotal sejak lima tahun terakhir mungkin sudah lebih dari Rp300 juta. Bahkan, ada perorangan yang membantu Rp60 juta dan Rp25 juta," ujar Masri. 

Bangunan TPA An-Nur

Masri menambahkan, bangunan utama mushalla berukuran 8x8 meter,  kemudian dikembangkan dengan memperlebar teras ke samping kanan ±6 meter serta menambah bangunan di samping kanan mihrab 3x5 meter untuk ruang perlengkapan. 

Tidak itu saja. Dengan donasi Palam SMA 2 Padang dan donatur lain, lanjut Masri, pengurus membangun satu gedung baru berlantai dua di samping kanan mushalla sebagai Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) An-Nur dengan luas lantai 6x4 meter. 

"Saat ini TPA An-Nur memiliki 66 orang santri dan santriwati yang diasuh oleh beberapa orang guru," katanya lagi. 

Zuhendra (kiri) bersama Anggota Palam

Ketika berita ini diturunkan, sedang berlangsung pembagian daging qurban dan kegiatan memasak untuk makan bersama usai shalat dzuhur berjamaah. Menurut Zuhendra, satu sapi untuk 70 penerima dengan estimasi setiap penerima memperoleh 1,5 daging plus jeroan + 1 kg beras + uang pembeli bumbu Rp25.000. (Zakirman Tanjung)

Makan bersama beralas daun pisang dengan menu gulai korma, sambalado hijau, kerupuk jengkol dan petai rebus

Link berita tahun lalu
Idul Adha 1442 H, Palam SMA 2 Padang Berqurban 4 Ekor Sapi Plus

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top