SMKN 2 Bukittinggi Andalkan Keterampilan Siswa Untuk Bekerja dan Wirausaha

Nasrun
0


SMK Negeri 2 Jln.Syech M.Jamil Djambek pasar Bawah
Bukittinggi/Foto.KH

BUKITTINGGI,CanangNews - SMK Negeri 2 Bukittinggi telah melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online, Juni Tahun Ajaran 2022 - 2023,telah menjaring sekitar 533 lebih siswa dari Bukittinggi dari 2.300 orang yang mendaftar. Disekolah Menengah Kejuruan (SMK) jelas berbeda dengan SMA ,sebab menggambarkan industri.lulusanya sudah bisa menghasilkan produk dan bisa untuk usaha.Hal itu disampaikan Dra.Meri Desna,M.Pd Kepala SMKN 2 Bukittinggi diruang kerjanya,Kamis (30/6/2022).


Dia mengatakan,para siswa bisa mengembangkan ilmunya dengan bekerja,melanjutkan dan berwira usaha.Atau dikenal dengan BMW.


"Jurusan yang ada bisa dipilih siswa,dan nantinya mereka bisa menghasilkan produk industri sesuai dengan kwalitas ilmu yang diperolehnya setelah tamat,"Jelas Meri Desna.


Seperti diketahui di SMKN 2 Bukittinggi ,mempunyai 8 jurusan, dan daya tampung lokal belajar,diantaranya.Kuliner (tata boga),Perhotelan 3 daya tampung lokal,Busana 3 lokal,Akuntansi Keuangan dan Lembaga 2 lokal,usaha Layanan Pariwisata 1 lokal,Marketing(pemasaran) 2 lokal,Management Perkantoran dan Layanan Bisnis 2 lokal serta Kecantikan, program baru dibuka bidang keahlian satu lokal.


Kemudian sebut Meri yang didampingi Ka.Program Perhotelan Syaiful.S.Pd,menuturkan,para guru yang mengajar juga dianjurkan untuk mencari kerja sama/MoU,diberikan pelatihan tambahan,seperti magang ketempat lain,magang siswa untuk PKL sesuai apa yang akan dipraktekkan.


"Apabila peningkatan mutu tidak ditingkatkan,kita bisa  ketinggalan dalam memberikan program pelajaran kepada siswa dan terus meng upgrade,sebab IT anak tak kalah bersaing dengan guru,"urai Syaiful.


"Alhamdulillah untuk kerja sama dan MoU di Sekolah kita telah cukup terlaksana,seperti hotel berbintang yang ada di Bukittinggi,Padang dan Pekan Baru serta Batam,"ucapnya.


Meri menambahkan,tujuan utama di SMK ini bisa siap bekerja.Tidak tertutup untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.Sekitar 60 persen bisa bekerja di Industri yang relevan dengan jurusan dan keahliannya.


"Kita sudah memperdayakan Bursa kerja  sekolah, bisa membantu informasi kepada peserta didik yang sudah lulus,bisa terserap ke Industri,misalnya di Pariwisata,perhotelan dan recruit dari PT.KAI.Kita ada mitra kerja yang apabila mitra butuh bisa minta informasi ke sekolah,dan pihak sekolah kontinyu mencari data dimana keberadaan lulusan,"pungkasnya.


( Nas )

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top