Baznas + Dinkes Padang Pariaman Selenggarakan Khitan Massal Gratis

0
Kepala Dinas Kesehatan dr H Aspinuddin membuka kegiatan khitanan massal (R/ZT)

Lubuk Alung,CanangNews - Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan khitan massal gratis bagi masyarakat miskin. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Rabu dan Kamis, 29 dan 30 Juni 2022.

Untuk memudahkan akses masyarakat, kegiatan khitanan dipusatkan pada empat titik, yakni di Puskesmas Lubuk Alung untuk wilayah Kecamatan Lubuk Alung, Batang Anai dan Sintuk Toboh Gadang, di Puskesmas Pakandangan untuk wilayah Kecamatan Enam Lingkung. 2x11 Enam Lingkung, 2x11 Kayu Tanam, Ulakan dan Nan Sabaris.

Kepala Dinas Kesehatan dr H Aspinuddin foto bersama anak-anak peserta khitanan (R/ZT)

Selanjutnya, hari kedua dilaksanakan di Puskesmas Sungai Limau untuk wilayah Kecamatan Sungai Limau, Batang Gasan, IV Koto Amal dan Sungai Geringging serta di Puskesmas Sungai Sariak untuk wilayah Kecamatan VII Koto, Patamuan, Padang Sago V Koto Timur dan Kampung Dalam.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan dr H Aspinudin ketika membuka kegiatan' ini bertempat di Puskesmas Lubuk Alung, Rabu (29/6/2022), mengemukakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman sangat mempedulikan kesehatan masyarakatnya. Dalam hal ini, Bupati Suhatri Bur telah memberi instruksi kepada Dinas Kesehatan tentang bidan desa untuk mengunjungi rumah masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Syafrinawati MARS mengoordinasikan persiapan kegiatan ini dengan semua pimpinan dan aparatur puskesmas pelaksana (R/ZT)

Hal ini dilakukan untuk mencari tahu permasalahan kesehatan masyarakat dengan tujuan agar jika ada penyakit atau masalah kesehatan yang tidak teratasi oleh masyarakat, pemerintah harus hadir untuk mencarikan solusinya.

"Masing-masing bidan desa diminta mengunjungi lima rumah setiap harinya," kata Dokter Jimmi sapaan akrabnya saat membuka acara secara resmi.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Syafrinawati MARS berkoordinasi dengan Pimpinan Baznas (R/ZT)

Sebelumnya, Ketua Baznas Padang Pariaman Dr Rahmat Tuanku Sulaiman, menjelaskan, khitan gratis ini dilaksanakan dalam upaya membantu masyarakat miskin. Program ini diikuti oleh masyarakat sesuai dengan kuota kecamatan masing-masing.

"Masing-masing kecamatan diminta peserta 10 orang yang diantar langsung oleh orang tuanya," kata Rahmat.

Ketua Baznas Rahmat Tuanku Sulaiman menyerahkan bantuan kepada peserta khitanan (R/ZT)

Kepada seluruh orangtua, Rahmat berpesan, anaknya yang sudah khitan agar didorong untuk membiasakan melaksanakan shalat wajib. Karena pembiasaan itu harus dimulai dari usia dini hingga terbiasa setelah remaja dan dewasa nanti.

"Anak harus didorong untuk membiasakan melaksanakan shalat, minimal shalat wajib," pungkasnya yang juga didampingi Wakil Ketua Baznas Zulfami MPd.

Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita berdialog dengan anak-anak peserta khitanan (R/ZT)

Acara pembukaan ditutup dengan penyerahan secara simbolis bantuan kain sarung dan uang transportasi dari Baznas kepada seluruh peserta. Tampak hadir di acara pembukaan ini Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita, Kabag Kesra Azwarman, Camat Lubuk Alung Dion Franata dan walinagari beserta kepala puskesmas di kecamatan yang bersangkutan.

Kemudian kegiatan dilanjutkan kepada khitanan dengan tenaga pelaksana Bidan Yetti Latif, Gelisma Mulia, Santi, Yurnah dan kawan-kawan dari puskesmas di wilayah kerja di kecamatan setempat. (R/ZT)

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Syafrinawati MARS memantau dan mengawasi pelaksanaan khitanan massal (R/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top