Malewa Gelar Datuk Asa Basa,Marfendi : Datuk Dan Para Ninik Mamak Harus Mainkan Perannya

Nasrun
0


Pengangkatan Datuk Asa Basa dihadiri pemuka adat, alim ulama dan Wawako Bukittinggi *foto,nas


BUKITTINGGI,CANANG.news - Pengangkatan Batagak Gala (gelar) sako Datuak Asa Basa dilaksanakan di Ipuh Mandiangin Bukittinggi.Acara itu dilakukan untuk menggantikan Datuak sebelumnya yang sudah wafat,yang dihadiri para ninik mamak,cadiak pandai,alim ulama, datuak nagari di kurai dan Wawako Bukittinggi.beralamat di Jalan Ipuh Mandiangin Rabu (01/6/2022).


"Kegiatan itu diantaranya Batalia,(tahlilan)shalat,makan dan minum ,setelah itu baru dilakukan pengangkatan Datuak Asa Basa dari Suku Jambak Campago Ipuh Jorong Mandiangin Koto Selayan ,"ujar Bachri Pangka tuo kampuang nagari Ipuh.


Dijelaskannya,untuk Datuk ini, Feri Sonevil Dt.Asa Basa nantinya harus jadi panutan ditengah masyarakat serta bagi anak kemenakan beliau kedepan.



Sementara itu Wakil Walikota Bukittinggi Marfendi Dt.Basa Balimo menyampaikan apresiasinya atas berjalannya acara itu dengan sukses ,tentang adat di Kurai Bukittinggi. Niniak mamak dari pucuak sampai pangka tuo bisa berjalan dengan baik.


"Kita berharap para ninik mamak memainkan perannya.Insyaalah kita akan coba membuat Peraturan daerah (perda) yang berkaitan dengan kewenangan dan kewajiban para ninik mamak untuk eksistensinya di pemerintahan kota Bukittinggi ,"ungkap Wawako.


Dikatakannya,untuk pemuka adat Datuk Asa Basa yang baru dilewakan ,diharapkan inilah kesempatan untuk mengabdi kenegeri ini (kurai) kepada anak kemenakan yang ada di Ipuh Mandiangin bisa menjadi orang orang terbaik.


Datuak Asa Basa yang baru diangkat Feri Sonevil menambahkan tidak ada lagi kendala bagi anak dan kemenakan nantinya dan menjadi lebih baik lagi.


Pengangkatan Datuak itu turut dihadiri,anggota DPRD Kota Bukittinggi Asril dan zulhamdi Nova Chandra.


( Nas)

.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top