Festival Gadih Minang Marandang, Bukti Kecintaan Muda Mudi Pada Masakan Leluhur

Nasrun
0

 

Para hadirin dan Forkopimda Bukittinggi turut mencicipi rendang yang disediakan (foto,nas)


BUKITTINGGI,CANANG.NEWS - Rendang adalah salah satu masakan asal Minang Sumatera Barat yang tak diragukan lagi kelezatannya,karena diracik dengan bumbu alami yang sangat lengkap.Rendang digemari dinusantara bahkan terkenal sampai manca negara.


Bersama unsur forkopimda menghadiri acara " Gadih Minang Marandang"  yang diadakan di Pelataran Jam gadang Bukittinggi Sabtu (21/05/22).



Wali kota Bukittinggi Erman Safar sangat mengapresiasi adanya Festival Gadih Minang marandang  tingkat SMP dan SMA kota Bukittinggi ini, dapat ditindaklanjuti oleh SKPD dalam bentuk dan nuansa yang lebih berbeda.


"Terimakasih saya ucapkan kepada Dedi Patria anggota DPRD Bukittinggi,karena kegiatan ini terselenggara berkat dari dana pokirnya ,"katanya


Menurut Wako, sejarah nama rendang atau  randang,  merujuk pada tekhnik khusus dalam mengolah dan mengaduk masakan dalam waktu yang lama sehingga hasil masakan menjadi kering ,bisa nampak coklat dan hitam, keberadaan dan cara masaknya menggunakan tungku kayu atau kompor.


"Rendang dilabeli masakan terlezat didunia.Bagi orang Minang tidak hanya sebagai suatu masakan tetapi juga berkaitan erat dengan kebudayaan Minang yang sudah mendunia,"sebutnya


Marandang merupakan budaya kuliner khas Minang, yaitu tradisi memasak pelepasan muda mudi dan orang minang yang suka merantau, akan membawa ragam sebagai bekal mereka untuk menuju ke rantau," ucapnya


Ditambahkannya,selain masakanya, minang kabau juga terdapat banyak kebudayaan  yang punya nilai jual, sehinga bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berwisata menikmati sejuknya alam minang kabau .


Acara itu turut dihadiri oleh Ketua TP.PKK  Ny.Fiona Erman Safar,Wakil Walikota Bukittinggi Marfendi,Ketua GOW Bukittinggi Nurna Eva Karmila ,Dandim 0304,pengurus LKAAM dan lain lain. (Nas).

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top