DPRD Pesisir Selatan Kunjungi Dinas Perikanan Padang Pariaman, Terkait Program Kementrian KKP

Kikilaksmana
0

 



LUBUK ALUNG, Canangnews.com --Komisi II DPRD kabupaten Pesisir Selatan, Jum'at (13/05/2022) melakukan  studi banding ke Dinas Perikanan Padang Pariaman.  


Studi banding tersebut terkait ditetapkannya kabupaten Padang Pariaman sebagai kawasan Kampung Perikanan Budidaya (KPB) dan Kampung Nelayan Maju ( Kalaju) oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. 


Kedatangan rombongan DPRD  bersama jajaran Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 17 orang tersebut disambut langsung oleh Sekretaris Dinas Perikanan Padang Patiaman Anton Wira Tanjung bersama jajaran  di kantor Dinas Perikanan Padang Pariaman. 


Menurut Anton, Kampung Perikanan Budi Daya di Nagari Sungai Asam Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung merupakan suatu kawasan yang berbasis komoditas unggulan dan/atau lokal dengan menyinergikan berbagai potensi. 


Tujuannya, tambah Anton,  untuk mendorong berkembangnya usaha pembudidayaan ikan yang berdaya saing dan berkelanjutan. Kemudian menjaga kelestarian sumber daya ikan, serta digerakkan oleh masyarakat, sehingga akan mampu menjamin produksi yang berkelanjutan dan terjadwal.


"Adanya pembangunan kampung perikanan budi daya, sejalan dengan program yang dijalankan. Karenanya, saat ini Dinas Perikanan Padang Pariaman berusaha keras untuk mewujudkan kegiatan pembangunan Kampung Perikanan Budi Daya yang terhubung dengan sarana budi daya dan prasarana pendukung, pelaku usaha dan mekanisme pasar," ulasnya.


" Seluruh aktivitas tersebut di danai dari APBN kementerian kelautan dan perikanan RI secara berkelanjutan mulai tahun 2022 s/d 2024," tambah mantan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Padang Pariaman.


Dijelaskan Anton, KKP RI juga telah menetapkan Padang Pariaman sebagai daerah Kampung Nelayan Maju ( Kalaju) tepatnya di nagari Gasan Gadang kecamatan Batang Gasan. 


Nantinya Kalaju ini akan di bantu pengelolaannya oleh KKP RI mulai dari pembangunan Tempat pendaratan ikan, Coldstorage dan alat tangkap ikan bagi nelayan. 


Sedangkan Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Ronald, A.Md, dalam hantaran katanya, mengucapkan terima kasih atas sambutan Dinas Perikanan Padang Pariaman. Kabupaten Pesisir Selatan akan berupaya melakukan KPB di Kabupaten Pesisir Selatan sebuah program terintegrasi dari KKP RI. 


" Terima kasih atas sharing informasi ini akan kami upayakan di Pesisir Selatan, dalam rangka meningkatkan kinerja OPD di daerah kami," ulasnya. 


Kunjungan tersebut diakhiri dengan saling tukar cendramata antara Dinas Perikanan Padang Pariaman dan Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan.


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top