Pesantren Ramadhan di SMA 1 IV Koto, Bentuk Siswa Berlandaskan Agama dan Bersendikan Adat

Nasrun
0
Kegiatan pesantren ramadhan di mushala SMAN 1 IV Koto Koto Tuo (foto/wartawan,nas)

BUKITTINGGI,CANANG. news -Pesantren Ramadhan serentak tingkat SMA Sederajat juga dilakukan oleh SMA Negeri 1 IV Koto Kabupaten Agam,arahan dari Pemerintah Provinsi Sumbar itu sudah berlangsung sejak 7 hingga 23 April 2022 mendatang.


Kepala SMA 1 IV Koto Drs.Akmal mengatakan,itu hal yang sangat positif,karena dengan adanya pesantren serentak ini,sesuai dengan apa yang terjadi dalam ranah Minang.


"Adat basandi syarak,syarak basandi kitabullah,apapun ilmu yang dipakai harus bersendikan agama,"ujarnya di sela kegiatan dimushala Al-Jihad SMA 1 IV Koto Agam.


Disebutkannya,telah dicanangkan bagaimana siswa SMA,SMK dan SLB itu di Sumbar betul betul hidup dalam koridor agama Islam .


Selain itu pada pesantren ramadhan ini,tujuannya nanti diharapkan generasi yang Pancasilais dan religius.Dengan menitik beratkan karakter anak sesuai tuntutan sunah nabi maka akan terlahir suasana yang tentram,damai dalam proses belajar mengajar.


"Syarat menuntut ilmu pertama ridha Allah dan yang kedua ikhlas yang memberi,ikhlas yang menerima.Itu juga tak terlepas ridha atas kedua orang tua.Akan lahirlah generasi penerus bangsa kedepan.,"pungkas Akmal.


Sementara itu Waka Humas SMA 1 IV Koto Purnadi,S.Pd yang didampingi Waka kurikulum Sri Mulyati,S.Pd menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan pesantren ramadhan bagi siswa ini.


Disamping itu katanya lagi selain kegiatan pesantren diikuti sekitar 400 siswa juga dengan aksi OSIS berupa pembagian takjil (pabukoan) dan bakti sosial kenagari yang ada disekitar kecamatan IV Koto.


"Ada materi yang diberikan dikelas oleh guru pembina dan mendatangkan ustadz sesuai dengan materi yang diagendakan,seperti dari segi Adat,Agama (shalat,takhsin,tadarus) , umum,kenegaraan serta storan hapalan Alqur'an,"ungkapnya .


Kedepan lanjutnya lagi ,berharap kepada siswa  antusias dalam mengikuti kegiatan,terkoordinasi serta tercapainya penambahan ilmu dan peningkatan karakter sesuai dengan akhlak,adat dan istiadat.


(KH)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top