Gubernur Launching Gebyar Pekan Imunisasi Dunia dan Imunisasi Anak Nasional

Nasrun
0
Gubernur Mahyeldi buka gebyar PID dan BIAN di aula rumdis Wako Bukittinggi 


BUKITTINGGI,CANANG.news, Pemerintah Kota Bukittinggi bersama Gubernur Sumatera Barat menggelar Launching  Pekan Imunisasi Dunia (PID)dan Bulan Imunisasi Anak (BIAN) untuk kota Bukittinggi di pendopo rumah dinas Walikota Bukittinggi Rabu (20/4/2022).


Ikatan DokterAnak Indonesia (IDAI) yang diwakili oleh dr.Metrizal mengatakan,pekan imunisasi ini bertujuan untuk mempromosikan penggunaan vaksin,agar dapat melindungi seseorang dari berbagai penyakit.


"Pelaksanaan PID dilaksanakan pada minggu terakhir bulan April dari 16-22 April setiap tahunnya," ulasnya.


Disebutkannya kota Bukittinggi terjadi penurunan  capaian cakupan imunisasi tahun 2021 sebesar 53,1 persen dari target 95 persen.Sementara  kelurahan yang universal,yaitu kelurahan yang mencapai cakupan 80 persen.


Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi menuturkan,pandemi Covid-19 sejak 2020 berdampak pada penurunan imunisasi yang signifikan.

Dengan berkurangnya imunisasi ,dampaknya bisa mempengaruhi daya tahan anak dari penyakit.


"Kedepan dengan adanya PID dan Kejadian luar biasa serangan penyakit bisa diminimalisir.Kami berharap ssluruh kabupaten dan kota di Sumbar untuk mensukseskan program ini,"pungkas Mahyeldi.


Pada kesempatan itu Wakil Walikota Marfendi menyampaikan pelaksanaan PID ini merupakan momentum yang strategis dalam meningkatkan kembali kesadaran masyarakat akan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.


Kemudian sambung Wawako,perlu kiranya dilakukan strategi melalui  penguatan imunisasi dasar dan pemberian imunisasi tambahan pada Mei hingga Juni 2022,melalui Bulan Imunisasi Nasional,seperti pemberian imunisasi campak Rubela pada umur 9-15 tahun.


"Untuk itu pemko Bukittinggi menghimbau  semua sumber daya,maupun swasta untuk berperan aktif dalam pelaksanaan PID dan BIAN ,"tukasnya.


(Nas)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top