Lokasi Perumahan Baru Mongapoula Jauh Dari Jangkauan Air Bersih

Sikabaluna
0

Lokasi Perumahan Baru Di Monganpoula

Sikabaluan Canangnews,Lokasi perumahan baru bagi warga terdampak banjir di Desa Monganpoula jauh dari jangkauan air bersih,tanah yang akan diolah menjadi sebuah sumur juga mengeluarkan air berwarna teh.


30 unit rumah warga yang sudah dorelokasi sebelumnya memperoleh air bersih dari bantuan hujan saja sementara air jernih untuk  minum sulit didapat ditempat tersebut Karena jauh dari lokasi mata air,Air bersih bisa didapat dari air terjun sirilanggai tentu membutuhkan waktu lama realisasinya.

Mairang salah satu warga Desa Monganpoula mengatakan lokasi yang akan dibangun rumah pada saat ini tidak ada mata air,warga kesulitan memperoleh air bersih karena jauh demikian juga dengan air sumur payau seperti air teh.

"Lokasinya memiliki kontur tanah rendah dan berlumpur sehingga mengeluarkan air yang berwarna merah teh perlu adanya vilterisasi air supaya dapat digunakan untuk mandi serta mencuci sementara air bersih untuk minum warga sangat kesulitan,air minum aman apabila musim hujan saja" ungkapnya kepada Canangnews,Jumat 18/03/22.

Dikatakan dia,butuh dukungan penuh dari perintah setempat untuk memberikan gambaran dimana diperolehnya air bersih,kepada aparatur Desa Monganpoula jika ada yang tahu dimana bisa mengambil atau salurkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari dapat digorokan secara bersama.

"Kita hanya mewakili anak selaku penerima Bantuan Rumah Swadaya Masyarakat melihat kondisi tanah yang tidak miliki air bersih mengharapkan partisipasi waktu untuk mencari solusi didapatkannya air dari pemerintah setempat" ujar Mairang.

Ditempat yang sama Irdelius Kepala Bidang Dinas Perumahan  Rakyat Dan Kawasan Pemukiman Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai  mengatakan untuk mengatasi kondisi kekurangan air bersih dilokasi perumahan baru bagi warga terdampak banjir pihaknya sedang mengupayakan tekmon untuk setiap rumah menampung sekaligus vilterisasi air supaya dapat digunakan sehari-harinya.

"Kita sedang mengupayakan  vilterisasi air untuk satu rumah satu buah Tekmon untuk mendukung kelancaran air kebutuhan setiap hari ditambah dengan kamar mandi untuk 65 unit rumah,semua itu sedang kita upayakan" sebutnya.

Irdelius juga mengajak warga terdampak untuk memanfaatkan alat sederhana vilterisasi air dari bahan yang mudah dikerjakan dan tersedia dilingkungan desa Monganpoula untuk dapat memenuhi kebutuhan air mandi dan mencuci tentunya" kita berharap warga penerima bantuan kreatif untuk membuat vilterisasi air dari bahan sederhana menjelang datangnya Bantuan Tekmon"tutupnya.(JS)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top