Kios Pasar Rakyat Sikabaluan Kurang Diminati Warga Lokal

Sikabaluna
0




Aktivitas Pasar Rakyat Sikabaluan Dipagi hari
Foto:Angel Sikaraja

Sikabaluan Canangnews,Pasar Rakyat Kecamatan Siberut Utara yang tereletak di areal muara Sikabaluan  masih belum ramai pemakai Serta pengunjung,masih banyak yang kosong dan jarang diminati warga.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh pengelola pembina ekonomi masyarakat Kecamatan Siberut Utara Anjelika Sikaraja,bahwa masih banyak warga sikabaluan yang enggan menggunakan kios pasar sebagai tempat usaha untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga.

Untuk saat ini pihaknya masih mencari orang yang mau membuka usaha dan menggunakan kios yang sudah tersedia dipasar,yang secara khusus dibuat dalam satu tempat tersebut.

"Masih ada tiga ruangan kios kosong dengan ukuran yang bervariasi 3x3 dan 4x4 untuk dapat digunakan sebagai tempat jualan,dibuka untuk warga di lingkup kecamatan siberut utara bagi yang minat"ungkapnya kepada Canangnews saat dimintai keterangan Kamis 3/03/22.

Dilanjutkan Anjelika,Tentunya ada retribusi sesuai dengan yang dicanangkan oleh pemerintah daerah setempat salah satunya pembiayaan untuk satu buah kios ukuran 3x3 dapat dibayar sebesar 75 perbulan atau 900.000 pertahunnya.

"Demikian juga dengan kios yang berukuran 4x4 dapat dibayar dengan dana sebesar Rp.100.000 perbulan dapat juga dibayar pertahunnya sebesar Rp.1200.000,itu sudah mulai berlaku pada saat memulai membuka usaha.ucap dia.

Dikatakan Anjelika,untuk lokasi pasar yang dibuat oleh pemda menurutnya sudah masuk ketegori strategis namun karena biaya membuat masyarakat jadi enggan dan juga patah semangat,namun tempat tersebut terbuka untuk warga.

Untuk saat ini sudah ada sebanyak 16 ruangan kios yang difungsikan namun pengguna belum sepenuhnya dari warga sikabaluan,masih digunakan oleh warga pendatang Saja,jelasnya.

Anjelika juga mengatakan pasar sangat bermanfaat bagi masyarat terlebih untuk pusat perbelanjaan ketika kapal masuk juga barang sehari-harinya bisa digabung ditempat tersebut sehingga warga masyarakat tidak kesulitan berbelanja.

Demikian juga dengan kebersihan sudah ada petugasnya sehingga pasar tetap terlihat indah dipandang mata,"setiap saat dibersihkan oleh petugas.

"Setiap sore pasar tersebut dibersihkan oleh petugas,untuk gaji dipungut langsung dari pengguna kios untuk perbulan dari masing-masing kios sebesar Rp.30.000 disamping itu pengguna dapat terbantu sehingga dibuat kesepakatan" pukasnya.(JS)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top