Cepat-Tanggap, Dinsos P3A Padang Pariaman Bantu Korban Kebakaran

0

Lubuk Alung, CanangNews - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Padang Pariaman mebyerahkan bantuan logistik untuk korban bencana kebakaran yang menimpa warga di Nagari Punggung Kasiak Lubuk Alung, Rabu (9/3/2022), dengan mengantar langsung ke lokasi kejadian.


 Sebelumnya Dinsos P3A) menerima laporan telah terjadi kebakaran di Korong Ambacang, Nagari Pungguang Kasiak Lubuk Alung, Selasa (8/3/2022) sekira pukul 15.25 WIB yang menyebabkan dua unit bangunan rumah milik warga - Vetna Yulita (33) dan Fitri Yanti (45) - hangus. Namun, dari kejadian dilaporkan tidak ada korban jiwa.


 Menanggapi kejadian itu Dinsos P3A Kabupaten Padang Pariaman melalui Bidang Perlidungan dan Jaminan Sosial lansung melakukan assesment terkait kejadian terebut dengan melibatkan pilar sosial lapangan yaitu tenaga Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH). Setelah mengantongi informasi dan data korban, Tim Rescue Dinsos P3A Kabupaten Padang Pariaman di bawah komando Nasmi Panala SH MH langsung mengantarkan bantuan logistik berupa paket sembako yang terdiri dari beras, telor, air mineral, foodware, mie instan, selimut tebal, kain sarung, terpal dan kebutuhan lainnya untuk kebutuhan dasar dalam masa tanggap sementara menjelang pulihnya keberlangsungan hidup para korban.


 Ketika menyerahkan bantuan logistik ini, Kabid Perlinjamsos Dinsos P3A Kabupaten Padang Pariaman Nasmi Panala menyampaikan ungkapan rasa prihatin dan permintaan maaf dari Bupati Padang Pariaman karena  ketidakhadiranya dalam musibah ini. 


"Namun ,sesuai arahan Bapak Bupati, kita lakukan hal yang terbaik dan secepatnya untuk hadir di tengan-tengah para korban kebakaran ini sebagai wujud kehadiran pemerintah untuk masyarakat,” tutur Nasmi sambil menyerahkan secara simbolis paket bantuan.


Di akhir pembicaraan, ia berpesan kepada semua yang hadir bahwa Allah Yang Mahakuasa tidak akan memberikan cobaan kepada seseorang melebihi kemampuan orang itu,“ pungkasnya.


 Sementara itu pejabat fungsional Bagian Kebencanaan Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos P3A Kabupaten Padang Pariaman yang membidangi secara teknis pengantaran bantuan ini Ali Aripin S Sos MM di sela-sela kegiatan mengatakan, untuk bantuan logistik begitu kita dapat informasi langsung disiapkan dan diantar langsung ke lokasi demi pemenuhan kebutuhan dasar para korban, walau bantuan ini hanya secukupnya.


 Selain bantuan logistik, Dinsos P3A bersama dengan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) Program Keluarga Harapan (PKH) juga melakukan trauma healing kepada lingkungan dan keluarga para korban yang terdampak bencana ini. Pada kesempatan ini nampak hadir koordinator PKH Kabupaten Padang Pariaman Ramadhanil SKom, Koordinator PKH Kecamatan Lubuk Alung Suryeni SE dan Koordinator PKH Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Imrizal SPt.


 Kegiatan penyerahan bantuan ini juga dihadiri oleh Kasi Kesra Nagari Punggung kasiak lubuk Alung Cendra Gusti AMd. Dalam kesempatan ini dia mengatakan, atas nama Pemerintahan Nagari Punggung Kasiak Lubuk Alung mengucapkan terima kasih atas tanggapan yang sangat cepat dari Dinsos P3A Kabupaten Padang Pariaman. 


"Semoga hal ini menjadi amal ibadah bagi kita semua,” katanya, Turut hadir Wali Korong Ambacang Indra Yulisyam beserta tokoh masyarakat sekitarnya. (R/Cun Cun Firmansyah)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top