Calon Jamaah Haji Bukittinggi Jalani Tes Kebugaran

Nasrun
0


Calhaj kota Bukittinggi lakukan senam kebugaran di lapangan olah raga Ateh Ngarai (foto,KH)

BUKITTINGGI, CANANGnews-Tes kebugaran jasmani  Calon jemaah haji (Calhaj) diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi bersama dengan Tenaga kesehatan(Nakes) dari Puskesmas kecamatan yang ada di kota setempat, di lapangan Ateh Ngarai  Bukittinggi pada  Kamis pagi (31/3/2022).


Plt kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi Isra Yonza,SH.MH mengatakan,Kegiatan itu diikuti calon jemaah haji sejumlah 278 orang, nanti semua diharapkan bisa untuk diberangkatkan.


"Tes ini terdiri dari 2 bagian.Tes pertama saat ini dan sebulan kedepan dilakukan tes tahap 2 untuk mengetahui berapa jumlah calon haji yang diharapkan berangkat,"ujarnya.


Menurutnya,dari Tes Fisik para jemaah ada yang sudah berusia lanjut dan yang masih muda,semuanya bisa dilaksanakan.


"Sudah 2 tahun jamaah haji tidak bisa diberangkatkan baik di Bukittinggi maupun Indonesia,karena pandemi Covid-19.Mudah mudahan masyarakat kota Bukittinggi mendoakan calon jamaah haji bisa berangkat pada musim haji 1443 H ini,semua dan sehat walafiat,"ungkapnya.


Pada kesempatan itu Kepala Kementerian agama(Kankemenag)kota Bukittinggi yang diwakil Ilham Putra,S.PdI menuturkan, tes kebugaran sangat bermanfaat bagi calhaj kota Bukittinggi,karena ibadah haji tidak hanya dari segi finansial tapi juga dituntut kesehatan dan kebugaran.


Ditambahkannya, serangkaian kegiatan haji mulai dari wukuf di Arafah,mabit di Muzdalifah,di Mina,melontar jumrah Ula Wusthta dan Akabah,Sai dan lainnya dituntut sekali kebugaran jamaah haji.


"Untuk keputusan pasti pemberangkatan ke Tanah suci,kita menunggu keputusan dari Arab Saudi."sebutnya.


"Kita harapkan pemerintah Arab Saudi bisa membuka kuota full bagi warga negara Indonesia khususnya warga Bukittinggi, untuk semua yang terdaftar diberangkatkan pada bulan haji tahun ini,"papar Ilham.


(Nas)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top