Bertahan Sejak 2019, Disdukcapil Padang Pariaman Kembali Raih Penghargaan Nasional

0

Pariaman, CanangNews - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kembali memberikan penghargaan kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota di Indonesia, atas kinerja penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2021. 


Hal itu terungkap dalam kegiatan penyampaian hasil evaluasi kinerja pelayanan publik dan pemberian penghargaan lingkup Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah tahun 2021, melalui channel Youtube Kemenpan RB (lihat pada bagian akhir berita ini), Selasa (8/3/2022). Pada kesempatan ini, Disdukcapil Padang Pariaman kembali meraih penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima tahun 2021 dari Menteri PAN dan RB.



Berdasarkan amanat Undang Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan dan Peraturan Menpan dan RB Nomor 17 tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melakukan evaluasi kinerja pelayanan publik. Unit layanan yang dievaluasi, mencakup Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota. Khusus Kabupaten/Kota di Indonesia, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) menjadi objek penilaian di 514 Kabupaten/Kota. Evaluasi ini bertujuan, meningkatkan kinerja pelayanan pada setiap unit pelayanan publik yang dievaluasi.


Sebagaimana disampaikan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan dan RB, Prof Dr Diah Natalisa MBA melalui channel itu, penilaian dilihat dari 6 (enam) aspek indikator kinerja pelayanan publik. Yakni kebijakan pelayanan publik, profesionalisme sumber daya manusia, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, mekanisme konsultasi dan pengaduan serta inovasi pelayanan publik. 



"Keenam aspek tersebut, menjadi fokus utama pelaksanaan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik. Untuk melihat gambaran kondisi penyelenggaraan pelayanan, serta mengidentifikasi potensi-potensi perbaikan berkelanjutan yang dapat dilakukan. Menuju pelayanan publik prima dan berkelas dunia, sesuai visi reformasi pelayanan publik" katanya menjelaskan.


Baca juga 

Menteri Tjahjo Kumolo Serahkan Hasil Evaluasi Pelayanan Publik 2021, Bagaimana Hasilnya?


Ketika dihubungi Wartawan CanangNews melalui telepon whatsapp, Selasa (8/3/2022) malam, ,Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly mengatakan, berdasarkan evaluasi yang dilakukan selama tahun 2021, unit kerja perangkat daerah yang dipimpinnya berhasil memperoleh penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik berkategori Pelayanan Prima dan berhasil mempertahankan prestasi ini selama 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2019. 



“Ini adalah prestasi kita bersama, dukungan dan komitmen pimpinan serta tim kerja Dukcapil Ceria yang terus menjaga keberlanjutan perubahan,” terang Muhammad Fadhly.


Muhammad Fadhly menjelaskan, proses membangun kinerja pelayanan publik yang berkelanjutan adalah sebuah proses membangun komitmen dan mengembangkan kompetensi. 



Hal ini disampaikan Fadhly, sejalan dengan program-program inovatif yang dilakukannya. Semua itu, tidak terlepas dari dukungan pimpinan dan upaya-upaya yang dilakukan oleh tim kerja Dinas Dukcapil Padang Pariaman, dengan terus membangun perubahan melalui peningkatan berbagai  kompetensi SDM yang dimiliki. Upaya ini berhasil menjaga keberlanjutan peningkatan pelayanan publik, sehingga bisa berturut-turut mempertahankan prediket ini selama 3 (tiga) tahun. 


“Hal ini tidak mudah, karena tahun ini hanya 14 Dinas Dukcapil di Indonesia yang berhasil mencapai kategori ini. Tahun lalu hanya 7 Disdukcapil,” ulas Fadhly menutup pembicaraan. (AS/ZT))


Geser krusor dan simak tayangan youtube ini mulai menit ke-50




Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top