UPK Dana Bergulir Eks PNPM MPd 2x11 Enam Lingkung Tempati Gedung Sendiri


KETULUSAN dan kesungguhan dalam mengabdi merupakan ungkapan yang inspiratif tetapi kian langka. Mayoritas manusia bekerja cenderung untuk mencapai tujuan-tujuan nafsiah (-), kalau perlu dengan menghalalkan segala cara (MSC). 


Namun, tidak demikian dengan sekelompok anak muda di Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman - Sumatra Barat. Bersinergi dengan berbagai pihak seperti camat, pendamping desa kecamatan dan walinagari, anak-anak muda melanjutkan pengelolaan dana eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM MPd) yang sudah berakhir tahun 2014 silam. Ternyata usaha mereka berhasil!


Informasi ini saya terima dari Syaiful Anwar selaku Ketua Badan Pengawas Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Dana Bergulir Eks PNPM MPd 2x11 Enam Lingkung sekaligus mengundang saya menghadiri acara peresmian gedung, Kamis 23 Desember 2021.


"Peresmian gedung," tanya saya. 


"Ya, Pak Zast. UPK Dana Bergulir Eks PNPM MPd 2x11 Enam Lingkung akan menempati gedung baru yang berlokasi di Gedung SMA Negeri 1. Peresmiannya akan dilakukan Bupati Padang Pariaman," jawab Syaiful Anwar yang saya sapa Ajo. 


Sesuai komunikasi sebelumnya, Ajo sudah menunggu ketika saya turun bus dari Kota Padang dan membonceng saya dengan sepeda motor menuju lokasi acara. Ketika pertama kali melihat gedung dua lantai itu, saya menduga, pembangunannya menghabiskan anggaran berkisar Rp1,5 miliar. 



Ternyata dugaan saya meleset jauh! Setelah konfirmasi kepada Ketua UPK Dana Bergulir Eks PNPM MPd 2x11 Enam Lingkung Ariyane Marisa SPt, total biaya pembangunan gedung megah itu hanya Rp621 juta. Pengerjaannya dipercayakan UPK dengan membentuk Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dengan pengawasan ketat. Gedung itu berdiri di atas tanah berukuran 12x24 meter dengan harga pembelian Rp148,5 juta. 


Ketika menyampaikan laporan, Ariyane menyebutkan, UPK PNPM MPd Kecamatan 2x11 Enam Lingkung berdiri hari Jumat 4 Juli 2008. Hingga tahun 2014, UPK melakukan kegiatan dengan sumber dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dari pemerintah pusat dalam PNPM MPd berupa pengelolaan sarana dan prasarana korong, peningkatan kapasitas masyarakat, pendidikan dan kesehatan. 


Selain itu, lanjut Yane, sebagian dari kucuran dana BLM PNPM MPd disisihkan untuk kegiatan simpan-pinjam perempuan (SPP). Semenjak tahun 2008 hingga 2014 total dana BLM PNPM MPd yang masuk ke Kecamatan 2x11 Enam Lingkung berjumlah Rp12,7 miliar.   Mulai tahun 2015, kucuran dana BLM PNPM MPd tidak ada lagi. Selanjutnya UPK hanya mengelola dana SPP dengan modal awal Rp1.661.500.000. 


"Dana tersebut kami gulirkan kepada masyarakat melalui Kelompok-kelompok SPP yang ada di korong-korong pada tiga nagari (Sicincin, Lubuk Pandan dan Sungai Asam) dalam Kecamatan 2x11 Enam Lingkung sebanyak 53 tahapan perguliran. Dalam setahun kami menggulirkan dana empat sampai lima kali. Setiap tahapan kami melayani 8 hingga 12 Kelompok SPP. Alhamdulillah...,, saat ini kami membina 54 Kelompok SPP" ujarnya.



Yane menambahkan, saat ini UPK Dana Bergulir Eks PNPM MPd 2x11 Enam Lingkung mengelola dana Rp3,3 miliar. "Semua ini kami capai berkat adanya kerjasama yang baik dengan semua Kelompok SPP serta dorongan berbagai kalangan seperti pihak korong, nagari dan kecamatan. 


Dalam melayani nasabah berupa Kelompok SPP, lanjut Yane, UPK membutuhkan kantor yang kondusif. "Namun, semenjak berdiri hingga kini, pihaknya pindah kantor sampai delapan kali dengan mengontrak bangunan milik masyarakat, bahkan pernah menumpang di rumah dinas camat. 


"Tahun 2019 kami mulai merencanakan pembangunan gedung ini seperti mencari lokasi tanah dan anggarannya. Kegiatan pembangunan baru dimulai akhir tahun 2020 dan Alhamdulillah... sekarang sudah dapat kita tempati," papar perempuan kelahiran 17 Maret 1985 ini. 


Simak video Laporan.Ketua UPK Dana Bergulir eks PNPM MPd Ariyane Marisa SPt  



Gedung dengan nama Kantor Badan Kerjasama Antar Nagari (BKAN) UPK Dana Bergulir Kecamatan 2x11 Enam Lingkung ini diresmikan oleh Bupati Padang Pariaman yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Erman S Sos MM yang dihadiri dua Anggota DPRD Mothia Aziz dan Yuliasman, Camat 2x11 Enam Lingkung Syofrion M SE MSi, Forum UPK Kabupaten serta mantan-mantan Ketua UPK PNPM MPd seperti Zulhijasmar ST MT. (Zakirman Tanjung)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama