Melalui Pokir, Lima Anggota DPRD Bukittinggi Salurkan Bansos Bagi Masyarakat Kurang Mampu


Anggota DPRD Edison Khatik Basa menyerahkan bantuan didampingi Wako Erman Safar




Bukittinggi,-Lima anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bukittinggi, menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu di wilayah setempat melalui dana pokok pikiran (Pokir), Rabu (1/12/21). Kelima anggota dewan tersebut diantaranya, Nur Hasra, Rusdy Nurman, Edison Katik Basa, Shabirin Rachmat dan Ibra Yaseer.

Dikesempatan itu, Kepala Dinas Sosial Kota Bukittinggi Linda Fahroza mengatakan, masyarakat sangat terbantu dengan dana Pokir dari anggota dewan, kemudian ada juga bantuan dari APBN.


"Bantuan dari APBN untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) sebanyak 140 juta rupiah diberikan sebanyak 96 jiwa dalam rangka meningkatkan ekonomi mereka,"ujarnya.


Menurutnya semua itu untuk pemberdayaan ekonomi dan bagi keluarga yang kurang mampu,yang datanya berada di data kesejahteraan sosial.


Sedangkan dari APBN Kementerian sosial, mengucurkan bantuannya 180 juta seratus ribu rupiah yang diberikan ke Lembaga kesejahteraan sosial,khusus lansia yang kurang mampu yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS).


Linda yang didampingi Kabid Pemberdayaan  Sosial Imam menjelaskan, bahwa dana pokir anggota DPRD telah diserahkan masing masing anggota.


Seperti dari Shabirin Rachmat memberikan bantuan untuk pengembangan usaha produktif bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) ke Manggis konveksi,Ibra Yasser memberikan bantuan pengembangan ekonomi produktif kepada KUBE Koto Selayan I,Berkah Koto berupa mesin perontok padi dan hand traktor ,mesin jahit dan mesin potong,sedangkan dari Nur Hasra berupa bantuan usaha bersama,usaha ekonomi produktif bagi 60 orang perempuaan rawan sosial ekonomi.


Selain itu Dt.Rusdy Nurman menyerahkan bantuan untuk 10 KUBE yang ada di kecamatan MKS dalam bentuk bantuan barang dagangan dengan masing masing bernilai 4 juta rupiah.


Sedangkan melalui Dinas Sosial juga memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas sebanyak 28 orang berupa nilai barang,masing masingnya 2 juta rupiah.


Disamping itu Edison Khatik Basa memberikan bantuan untuk lansia kursi roda untuk 30 orang ,sembako dan kain sarung 145 orang .


"Kedepan untuk masyarakat yang kurang mampu dapat terus pembinaan, nantinya mereka yang dapat bantuan saat ini bisa meningkatkan perekonomiannya dan sudah bisa berdaya serta tidak mengharapkan lagi bantuan,"harapnya. (Nas)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama