Jaga Kelestarian Lingkungan Gubri Tanam Pohon dan Tebar Benih di Kabupaten Inhu

 



INHU Canangnews.com - Gubernur Riau Syamsuar, Senin (13/12/2021) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kabupaten Indragiri Hulu. Bersama Bupati Indragri Hulu, Rezita Meylani Yopi dan Wakil Bupati Indragiri Hulu, Junaidi Rachmat, Gubernur Riau melakukan kegiatan seperti tanam pohon, tabur benih ikan, peninjauan vaksinasi massal.


Tampak hadir dalam rombongan Gubri, Ketua DPRD Provinsi Riau, Yulisman; Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Herman Mahmud; Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Mamun Murod; Kadis Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen, Kadis Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat dan sejumlah pejabat terkait lainnya. 





Lokasi pertama yang dituju Gubernur Riau yaitu Desa Kota Lama, Rengat Barat yang memiliki wisata Cagar Budaya Makam Raja Indragiri dan Danau Meduyan. Di area Makam, Gubernur melakukan penanaman pohon dan di Danau Meduyan melakukan penyerahan tanaman serta tabur benih ikan.


Pada laporannya Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Herman Mahmud menjelaskan kegiatan tabur benih ikan ini merupakan pemulihan ekosistem kelestarian Sumberdaya Perikanan di Provinsi Riau. Beliau mengatakan benih ikan Baung yang ditebar di Sungai Indragiri tersebut sebanyak 154.686 ekor.


Sementara itu Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Mamun Murod melaporkan selain melakukan penanaman pohon di area Makam Raja dan Danau Meduyan Kota Lama ini, akan dilaksanakan juga penanaman 1.000 pohon di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Belilas dan penyerahan 9.000 bibit pohon untuk dibagikan merata ke tiga desa di Kab. Inhu, yaitu Desa Kota Lama, Desa Danau Baru dan Desa Alang Kepayang.





Mamun menjelaskan penyerahan bibit pohon ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kehidupan hutan dan lingkungan dan diharapkan dapat meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup di Provinsi Riau. Selain itu kegiatan ini juga untuk mewujudkan program pemerintah yaitu 'Riau Hijau'.


Pada sambutannya, Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Riau bersama rombongan yang telah datang ke Kab. Inhu untuk menanam pohon serta penebaran bibit ikan. Rezita mengaku Kegiatan ini sangat penting dalam pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup sehingga dapat melestarikan fungsi lingkungan hidup.


Terakhir Rezita berharap masyarakat dapat menjaga kelestarian alam dengan tidak menebang pohon secara ilegal dan menangkap ikan yang belum sesuai ketentuan untuk memenuhi kebutuhan hidup.


Gubernur Riau, Syamsuar dalam arahannya mengapresiasi Pemkab. Inhu yang telah menyambut dengan hangat kedatangan beliau ke Kab. Inhu untuk Penanaman Pohon dan Penebaran Bibit Ikan. Pada kesempatan ini, Syamsuar juga mengajak masyarakat Kab. Inhu untuk menjaga lingkungan, karena masalah yang sekarang dihadapi yaitu masalah perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global.





Syamsuar juga mengatakan kunjungan kerjanya hari ini tak hanya untuk melakukan penanaman dan penebaran benih, namun juga untuk meninjau proyek pembangunan dan aset Pemprov. Riau di Kab. Indragiri Hulu.


Usai mengikuti kegiatan di Desa Kota lama, rombongan Gubernur Riau dan Bupati Inhu bertolak menuju Desa Danau Baru untuk melakukan penebaran ikan di Sungai Indragiri dan penanaman pohon di Ponpes Tebu Ireng Belilas, serta vaksinasi di beberapa tempat di Kab. Inhu.


Tampak hadir mendampingi Bupati Inhu, jajaran Forkopimda Kab. Inhu, Sekretaris Daerah Inhu, Hendrizal; kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab. Inhu; Camat dan kepala desa yang menjadi lokasi kunjungan."( Rol/red )


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama