Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi Salurkan Bantuan RTM Dan Sunat Masal


INHU Canangnews.com - Komitmen terhadap Pembangunan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Pemkab. Inhu Salurkan Bantuan RTM & Promosi Produksi UKM di Aula Kantor Camat Kelayang.


Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi SE didampingi pejabat terkait menghadiri acara penyerahan bantuan Rumah Tangga Miskin (RTM) dan sunatan massal dari surplus EX-PNPM yang digelar di Aula Kantor Camat Kelayang, Sabtu pagi (18/12/2021).


Kegiatan ini menurut Plt. Kepala Dinas PMD Riswidiantoro dalam laporannya merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat, bahwa Pemkab Inhu memiliki aset yang besar dimana selama ini telah diberikan dana sebesar 288 milyar untuk kegiatan UPK-PNPM, baik itu usaha kelompok perempuan maupun bersama. “Dengan adanya perubahan dari UPK-PNPM menjadi BUMDESMA, diharapkan ke depannya akan memiliki badan hukum sehingga lebih maksimal dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat” ujarnya.





Bupati Rezita dalam arahannya yang diawali dengan penyerahan bantuan bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) sebanyak 50 orang dan bantuan bagi peserta sunat massal sebanyak 102 orang.


bahwa sesuai dengan amanah peraturan pemerintah No. 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa dituntut untuk bertransformasi atau berubah dari UPK EX-PNPM menjadi BUM Desa Bersama (BUMDESMA).


Hal ini sebagai langkah untuk tetap melestarikan dan mengembangkan secara maksimal akses permodalan bagi peningkatan perekonomian dan UKM di wlayah kecamatan dan Kab. Inhu.


Bupati Rezita menambahkan, kegiatan bantuan Rumah Tangga Miskin (RTM) ini berasal dari dana surplus yang menjadi bukti bahwa asset dana bergulir yang selama ini dikelola oleh UPK di 14 (empat belas) kecamatan berjalan dengan baik dan terus berkembang.





Pemerintah Kab. Inhu sejak awal telah berkomitmen terhadap pembangunan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat termasuk pada penyediaan permodalan bagi UKM di wilayah Kab.Inhu” ujarnya.  



Selanjutnya, Bupati Rezita bersama jajaran meninjau secara langsung beberapa agenda acara yang ditaja oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Unit Pengelola Kegiatan (UPK) se-Kab. Indragiri Hulu Tahun 2021 dengan mengunjungi gerai-gerai UKM yang menampilkan produk hasil olahan dari masyarakat dan meninjau Kantor UPK-PNPM Kec. Kelayang.



Kegiatan ini diakhiri dengan peninjauan pelaksanaan sunat massal, Bupati Rezita menyempatkan berpesan kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mengikuti vaksinasi. Dengan adanya kesadaran masyarakat dapat membantu pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi. 



Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Camat Kelayang, Andrianto bersama para Camat se-Kab. Inhu; Pengurus UPK Kecamatan se-Kab. Inhu dan undangan lainnya.( Rol/red )


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama