Bupati Pesisir Selatan Bersama Kapolda Hadiri Gebyar Vaksin Massal di Polsek Lunang Silaut

0
Gebyar Vaksinasi dan Bakti Sosial Polres Pesisir Selatan

Painan, CanangNews - Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol.Teddy Minahasa Putra,  menghadiri Gebyar Vaksin Massal dan Bhakti Sosial Polres Pesisir Selatan, di Polsek Lunang Silaut, Senin (18/10/2021).

Vaksinasi massal tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat utama Mapolda Sumbar, Kapolres, AKBP Sri Wibowo, SIK, Kepala Kejaksaan, Donna Rumiris Sitorus, Dandim 0311 diwakili Danramil Pancung Soal.

Dalam kesempatan itu, Bupati memaparkan langkah langkah percepatan pencapaian target vaksinasi di Pesisir Selatan. Diantaranya, Rusma Yul Anwar, menginstruksikan kepada camat agar melaksanakan pelayanan vaksinasi setiap hari di nagari. Pelaksanaan vaksinasi setiap hari harus sudah mulai 21 Oktober.

"Agar terlaksana dengan baik camat, Forkopimca dan wali nagari harus segera membuat jadwal secara terukur," kata Bupati.

Lebih lanjut, disampaikan pelayanan vaksinasi  setiap nagari harus dilakukan dua kali sehari, yatu pagi dan siang. 

Guna melayani pelaksanaan vaksinasi pihak Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, membentuk 49 tim, yang terdapat di Puskesmas, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit.

Selanjutnya, Bupati menjelaskan, selain vaksinasi di nagari, masyarakat juga bisa melaksanakan vaksinasi di Puskesmas masing-masing kecamatan. 

"Puskesmas wajib melakukan pelayanan vaksinasi setiap hari, selain pelaksanaan vaksinasi di nagari," terang Bupati.

Dalam kesempatan, Bupati meminta Camat bersama Forkopimca, berperan dalam  menggerakkan massa sesuai jadwal di masing-masing nagari.

Guna mensukseskan pelaksanaan vaksinasi, kata Bupati, Dinas Kesehatan harus memastikan ketersediaan vaksin di masing masing kecamatan. 

"Jangan sampai jadwal vaksinasi tidak bisa dilaksanakan gara-gara minimnya vaksin di kecamatan," tegasnya.

Selain itu, Bupati juga menegaskan, kepala perangkat daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus berpartisipasi aktif dalam mensukseskan vaksinasi.

"Seluruh Kepala OPD harus pastikan seluruh ASN dan honorer di OPD-nya sudah divaksin. Jika belum segera dilakukan vaksinasi," katanya.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol. Teddy Minahasa Putra, mengajak semua pihak benar bemar bersatu padu mensukseskan vaksinasi.

"Mari kita bersama-sama menyatukan konsep bahwa vaksin benar benar dibutuhkan untuk mencegah penyebaran covid 19," katanya.

Menurut Kapolda Teddy, saat ini tidak perlu lagi ada perbedaan pandangan tentang manfaat vaksinasi, tapi harus diyakini vaksin kebutuhan dan perlu untuk melawan covid 19.

Ditambahkannya, guna mensukseskan vaksinasi ada dua hal perlu menjadi perhatian yaitu pertama, pengerahan masa dan kedua manajemen tim.

Sebagaimana diketahui, jumlah sasaran vaksinasi di Pesisir Selatan, sebanyak  400.088 orang. Sedangkan pencapaian vaksin ke-1 sebanyak  73.443 orang atau 18.36 %, sementara capaian vaksin yang ke-2 sebanyak  27.060 orang atau 6.76 %.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top