Berkah Sawit Desa Purwasari, Pembibitan Kelapa Sawit Sediakan Bibit Unggul.

 



Canang News, Muaro Bungo. Berkah sawit adalah produsen benih tanaman Perkebunan Kelapa Sawit resmi, berizin dan bersertifikat. Menyediakan bibit sawit unggul Varietas DxP Simalungun siap tanam. Beralamat di Jalan Musi Desa Purwosari, Kuamang Kuning (arah PT sal-2) SPA. Di lahan yang terletak cukup strategis dari pusat perkebunan dengan luas tanah 4 hektare. Sejauh mata memandang di dalam polibag tertata rapi bibit benih sawit yang unggul.



Ketika Canang News menjumpai Slamet Riyadi tampak tengah sibuk mengawasi karyawannya, pengelola plus penanggung jawab Berkah sawit tak keberatan diminta waktunya untuk berbincang sejenak. Berkah sawit yang berdiri kurang lebih 2 tahun telah dikenal luas hingga ke Provinsi Jambi. Karena bibit unggul yang digunakan oleh Berkah Sawit tidaklah diragukan lagi. Didatangkan dari PPKS (Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit) Simalungun-Medan-Sumatera Utara.



“ Kami sangat mengutamakan mutu dan kualitas bibit unggul, supaya petani mandiri dan produsen tidak kecewa. Dan tidak semua penggunjung diperbolehkan masuk demi menjaga bibit agar tidak diserang hama”. Tegas Slamet Riyadi. Karena menurut beliau salah satu hama yang mudah menyerang dengan jenis virus Culcularia (bercak daun). Jenis ini menjangkiti bibit melalui spora, mudah berpindah pada tubuh manusia lewat gesekan ke bibit dan sangat tidak diperbolehkan pengunjung masuk beramai-ramai. Dalam pengawasan yang ketat, pengunjung hanya boleh menyaksikan keindahan benih yang hijau dari kejauhan. Usia pindah bibit ke polibag baru dalam ukuran sedang sekitar 2,5 bulan dan siap tanam usia 9 bulan bersama pemilik Berkah sawit Marsidi (Lojor nama keseharian) canang news mengakhiri perbincangan sore itu. (DJumilda A.)

 



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama