Berdayakan Aparatur, Nagari Padang Toboh Ulakan Laksanakan Pelatihan Jurnalistik

0

Padang Toboh Ulakan, CanangNews - Keterbukaan Informasi Publik merupakan hal yang harus dipenuhi oleh penyelenggara pemerintahan. Untuk mencapai hal itu, perlu dimulai dari peningkatan sumber daya (pemberdayaan) manusianya, dalam hal ini aparatur pemerintah. 


Camat Ulakan Tapakih Emri Nurman SSTP MM mengemukakan hal itu ketika membuka Pelatihan Pengelolaan Jurnalistik bagi Aparatur Pemerintah Nagari di Aula Kantor Walinagari Padang Toboh Ulakan, Rabu (27/10/2021).



Turut hadir pada pembukaan acara ini antara lai, Walinagari Padang Toboh Ulakan, Bakhri, Bintara Pembina Desa (Babinsa) serta Perangkat dan Staf Nagari Padang Toboh Ulakan sebagai peserta.


"Ini merupakan suatu upaya yang bagus untuk meningkatkan kapasitas aparatur nagari di masa yang serba digital ini agar kegiatan-kegiatan yang ada di nagari dapat diketahui oleh masyarakat melalui publikasi sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban juga keapada masyarakat," ujar Camat  Emri Nurman.



Sebelumnya, Walinagari Padang Toboh Ulakan, Bakhri, melaporkan, pelatihan jurnalistik ini diikuti 11 orang aparatur nagari dengan tujuan ini untuk meningkatkan kapasitas aparatur Nagari Padang Toboh Ulakan dalam menyampaikan informasi kepada publik.


Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Walinagari Padang Toboh Ulakan selama 3 hari, Rabu -  Jumat 27-29 Oktober 2021, dengan menghadirkan tiga narasumber dengan materi masing-masing. 



Narasumber hari pertama Zahirman S Sos MM (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman)  dengan materi Pengenalan dan Pengelolaan Website sebagai Portal Pelayan dan Informasi Publik. 


"Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan website nagari seperti tata letak websiter, judul, foto dan hal-hal lain yang sebaiknya ada di website. Selain itu berita di website harus di update secara terus-menerus sehingga tampilan berita di website lebih menarik dan masyarakat menjadi lebih tertarik untuk mengunjungi website nagari," ujar Zahirman.



Acara hari pertama ini  diakhiri dengan tanya jawab dan foto bersama antara pemateri dan peserta. 


Hari kedua diisi Zakirman Tanjung (Jurnalis & Motivator Independen) dengan materi Meningkatkan Motivasi Menulis bagi Aparatur Pemerintahan Nagari. Sedangkan narasumber hari ketiga.AS Dt Asa Nagari SH MM (Praktisi Jurnalistik) dengan materi  Teknik Penulisan Realease (Rilis) dan Foto Berita. (Fitri Yeni / Nila Yarma / Rozi Saputra)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top