10 Tim Berlaga di Final Cerdas Qur'an SMP Sijunjung




Sijunjung, CanangNews.com - Gelar Lomba Cerdas Qur'an Padang TV pada babak penyisihan di Sijunjung untuk sementara menghasilkan  10 utusan SMP Negeri dan swasta, yang akan mengikuti babak semi final lomba Cerdas Quran Padang TV kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, di Gedung Pancasila hari ini Rabu (27/10/2021). 



Dari sumber Padang tv  diperoleh informasi bahwa kegiatan semi final ini dibagi dua grup A dan B masing-masing grup akan diikuti oleh 5 tim SMP. Dua tim yang memperoleh poin tertinggi dari grup A dan B akan masuk dalam lomba grand final.




Dari staf PadangTV yang bertugas di meja depan di Gedung Pancasila, Selasa (26/10) sore kemarin,  didapat informasi yang masuk dalam semifinal grup A adalah SMPN 5 Sijunjung, SMPN 22 Sijunjung, SMPN 46 Sijunjung, SMP IUT Padang Sibusuk dan tim 2 SMP Islam Assalam Tanjung Gadang.



Sedangkan yang masuk semifinal grup B adalah Tim 3 SMP Islam Assalam, SMPN 19 Sijunjung, SMP Kausar Ilmi,  Tim 1 SMP Islam Assalam dan SMPN 7 Sijunjung.




Dari pantauan media ini,  dalam babak penyisihan 5 tim terakhir  yang dipandu Presenter PadangTV Cesa,   masing-masing tim peserta kelihatan sangat  bersemangat meskipun hari sudah sore bahkan berakhir pukul 17.15 wib.



Dari 5 tim penampilan terakhir itu,  perbandingan perolehan nilai  antara tim yang diikuti SMPN (umum) dengan SMP swasta yang berlabel Islam memang berbeda cukup jauh yaitu SMP Assalam dengan perolehan 195 dan SMPN 3, SMPN 23, SMPN 45 dan SMPN 35 tidak berbeda jauh yaitu 100 , 130, 110, 100 berarti tingkat pemahaman Qur'an SMPN di kabupaten Sijunjung hampir sama dan SMP Assalam yang memang lebih tinggi.




Menurut sumber di Gedung Pancasila itu mengatakan,  selesai semi final akan dilanjutkan dengan lomba final yang akan diikuti 4 tim terdiri dari juara I dan II dari masing-masing grup A dan B pada semi final lomba ini.



Kegiatan lomba cerdas Qur'an dalam babak penyisihan dalam 2 hari itu terdiri dari 3 sesi, pertama babak sambung ayat, kedua babak adu cermat dan ketiga babak rebutan dengan 10 soal yang diajukan juri Kak Jeki dan Kak Naldo. 



Masril Saputra, S.Pd selaku ketua MKKS SMP kabupaten Sijunjung dan juga menjabat sebagai kepala SMPN 26 Sijunjung yang berkampus di Tanjung Keling kecamatan kamangbaru  sangat mengapresiasi diadakan kegiatan lomba cerdas Qur'an ini. "Yang terpenting bagi kita adalah  bagaimana upaya upaya membumikan Alquran, kita juga bangga banyak SMP umum ikut dalam even lomba cerdas Qur'an ini, ini adalah sebagai bukti bahwa pengelola sekolah tidak mengenyampingkan pembelajaran Qur'an di sekolahnya, hanta sebagai catatan untuk lomba yang akan datang untuk mempertimbangkan kembali kesempatan SMP swasta yang berbasis agama lslam dengan SMP  Umum karena dari gambaran tang lolos di babak penyisihan ke babak final dari 10 SMP umum terdapat 5 tim SMP lslam swasta dan hanya 5 tim SMP umum padahal dari 48 Sekolah. Namun di lain sisi, efek positifnya adalah semakin berpacunya SMP Negeri untuk mempersiapkan sekolahnya lebih baik lagi dimasa mendatang" ungkap Masril dengan semangat dan senyum khasnya menutup pembicaraan.



Kepala  Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung Usman Gumanti, S.Pd.MM dalam kata sambutannya saat pembukaan, Senin (25/10/2021) mengungkapkan bahwa kegiatan lomba Cerdas Qur'an akan digelar 25 sampai 30 Oktober 2021 diikuti 60 SMP dan ratusan SD.



Acara Cerdas Qur'an ini dibuka oleh Bupati Sjunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP., M.Si hari Senin kemarin, dilaksanakan di Gedung Pancasila disiarkan langsung PadangTV, livestreaming dan YouTube dan diikuti secara virtual zoom oleh ratusan Kepala SD dan SMP daerah Sijunjung.(TJP)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama