Mahyeldi Serahkan Bantuan Benih dan Pakan Ikan Kerapu di Sungai Nipah

0


Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah Memberikan Bantuan Benih dan Pakan Ikan Kerapu


Painan, CanangNews - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) H. Mahyeldi Ansharullah didampingi Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Apt. Rudi Hariansyah, S.Si menyerahkan secara simbolis benih dan pakan ikan kerapu kepada 7 kelompok Poldakan yang ada di Sungai Nipah, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (14/7). 


Bupati Pesisir Selatan diwakili Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah, dalam paparannya menyampaikan bahwa Kabupaten Pesisir Selatan memiliki sumber daya alam yang banyak, termasuk potensi pembudidayaan ikan kerapu. Hal itu seiring dengan panjang garis pantai 243 Km, dan beberapa pulau. 


"Melalui UPTD yang ada kita akan fokus pengembangan ikan kerapu. Seiring Visi dan Misi," kata Rudi Hariyansyah. 


Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membuka investasi bagi siapa saja ingin mengembangkan sektor perikanan di daerah ini. Rudi Hariyansyah berharap kepada kelompok penerima bantuan benih dan pakan ikan kerapu bisa dikelola secara berkelanjutan, untuk peningkatan ekonomi masyarakat. 


Dalam arahannya Mahyeldi mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sendiri akan terus dorong peningkatan ekonomi masyarakat, baik pertanian, perkebunan dan sektor lainya. 


"Potensi sumber daya alam yang ada di Pessel harus bisa dioptimalkan, guna peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat. Salah satunya dengan penggelolaan budidaya ikan kerapu ini," ajak Gubernur Sumatera Barat tersebut. 


Mahyeldi menambahkan program telah disusun Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan hendaknya sejalan/ bersinergi dengan program Penerintah Provinsi Sumatera Barat. Misalnya dalam pembudidayaan ikan kerapu ini.


Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumbar, diwakili Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan, Desniati, menyampaikan keberadaan BPBLAPL Sungai Nipah ini sudah ada sejak tahun 2009 sehingga Pesisir Selatan 2010 menjadi penghasil benih ikan di Sumatera Barat paling besar. 


Ikan kerapu, mempunyai potensi ekonomi untuk mendorong peningkatan nelayan. Di daerah ini ada empat lokasi pembibitan ikan kerapu, salah satunya di Sungai Nipah. Kabupaten ini juga memiliki 16 kelompok nelayan ikan kerapu. 


"Pembibitan ikan kerapu selain meningkatkan pendapatan ekonomi nelayan, juga melatih kesabaran," tutur Desniati. 


Anggota DPRD Sumbar Dapil 8 Pesisir Selatan - Mentawai, Bakri Bakar, SH menyampaikan melalui usulan pokok pikiran, bantuan ini diberikan agar dapat dirasakan oleh masyarakat, salah satunya dengan benih dan pakan ikan kerapu pada 7 kelompok Poldakan yang ada di Sungai Nipah ini. 


"Kita juga mendukung peningkatan ekonomi masyarakat lainnya, baik perikanan dan pertanian. Diantaranya dengan memberikan bantuan bibit dan mesin tempel," kata Bakri Bakar. 


Diharapkan dengan bantuan ini, diharapkan penerima bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan bantuan. Turut hadir dalam kegiatan ini anggota DPRD Pesisir Selatan, Pj. Sekretaris Daerah Drs. Luhur Budianda SY, M. Si, dan Kepala Perangkat Daerah terkait. (can)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top