Genjot Pengembangan Bawah Putih, Pemkab Agam Siapkan 10 ha Lahan


 

Agam, -Pemerintah Kabupaten Agam terus genjot pengembangan bawang putih. Seluas 10 hektar lahan tahun ini disiapkan untuk ditanami tanaman hortikultura tersebut.

Lahan seluas 10 hektar yang disiapkan, terkonsentrasi di dua kecamatan yaitu Kecamatan Matur 8 hektar dan Tilatang Kamang 2 hektar.

Komitmen itu dibuktikan Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu, dengan melakukan penanaman bawang putih di lahan Kelompok Tani Jawi-Jawi Agro, Nagari Matua Mudiak, Kecamatan Matur, Rabu (30/6).

“Bawang putih ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat, selain Poktan Jawi-Jawi Agro, 12 Poktan lain di Agam juga menerima bantuan ini, setiap hektarnya dibantu benih sebanyak 700 kilogram,” ujar Arief, Jum’at (2/7).

Selain benih, katanya, poktan juga dibantu saprodi berupa pupuk, plastik mulsa dan dolomit.

Menurut Arief, bantuan benih itu merupakan varietas lumbu hijau, yang sangat cocok dikembangkan di kawasan dataran tinggi.

Dengan begitu, diharapkannya bantuan itu nantinya dapat mengurangi ketergantungan kebutuhan bawang putih impor di pasar, serta mempersiapkan sebagian hasil panen dijadikan bibit pada pertanaman berikutnya.

“Kita akan coba bangkitkan semangat petani agar kembali menanam bawang putih melalui bantuan ini,” sebutnya. (AY)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama