Atasi Kelebihan Kapasitas, Rudi Hariyansyah Upayakan Rusunawa Sebagai Tempat Isolasi Terpadu

 

Pasien Positif Covid-19 Dirawat di Tenda Darurat

Painan, CanangNews - Bertambahnya pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) membuat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Zein Painan kewalahan menerima pasien.


Kapasitas tempat tidur dan ruang perawatan di RSUD dr. M. Zein Painan tidak mencukupi sehingga membuat beberapa pasien positif Covid-19 terpaksa dirawat di tenda darurat yang telah disiapkan.


"Meski di tenda, pasien positif Covid-19 tetap mendapatkan perawatan dan pengawasan dari petugas medis rumah sakit sesuai protokol Covid-19," ujar dr. Sutarman, Direktur RSUD dr. M. Zein Painan, Jumat (23/7/2021)


Sutarman segera mengantisipasi agar pasien Covid-19 tidak lama dirawat di tenda.


"Insya Allah segera kami menambah lagi 41 bed (tempat tidur) dan ruangan lagi, yang dari awal hanya 18 bed sehingga pihak RSUD. dr. M. Zein Painan mendirikan tenda sementara berada di areal parkir rumah sakit, " jelas Sutarman. 


"Sampai hari ini tinggal 2 pasien Covid-19 yang masih dirawat di tenda dan 1  orang pasien lagi sudah dipindahkan ke ruang penanganan Covid-19," ujarnya. 


Sementara itu usai meninjau Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) dan RSUD dr. M. Zein Painan,  Wakil Bupati Pesisir Selatan Apt. Rudi Hariyansyah, S.Si menjelaskan, jika saat ini kondisi ruang perawatan pasien Covid-19 ada di RSUD dr. M. Zein Painan sudah penuh. 


Rudi Hariyansyah mengatakan, tujuan pengecekan Rusunawa tersebut adalah upaya untuk mengatasi keterbatasan ruang perawatan dan bed di RSUD dr. M. Zein Painan dengan menyiapkan  lokasi pendirian isolasi terpadu Covid-19.


"Kita masih hitung berapa anggaran disiapkan jika nantinya Rusunawa dijadikan lokasi isolasi terpadu covid-19, termasuk menyiapkan petugas dan peralatan,"ujar Rudi Hariyansyah. 


Pada kesempatan tersebut, tak lupa Rudi Hariyansyah mengajak pada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi kerumunan dan juga mengikuti program vaksinasi. (can) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama