Zulkhailisman Melatih Karate sebagai Tanggung Jawab Sosial

 

ALANGKAH merugi orang yang tidak berilmu. Namun, lebih merugi orang yang berilmu tetapi tidak mengamalkan ilmunya. Oleh karena itu, sungguh beruntung orang berilmu yang mengamalkan ilmunya. 



Petikan di atas tersimpulkan setelah Wartawan CanangNews berbincang dengan Pimpinan Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) yang juga Ketua Pengurus Koordinator Cabang (Korca) Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI) Kabupaten Padang Pariaman, Zulkhailisman, Senin (14/6/2021).



Menurut Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kabupaten Padang Pariaman ini, minat generasi muda di daerah ini berlatih olahraga karate sangat tinggi. Banyak kelompok remaja yang minta kepada Inkai FKTI membuka dojo (tempat berlatih karate) di kawasan mereka berdomisili. 



Di sisi lain, ulas Zulkhailisman, pihaknya menyadari kemampuan mayoritas orangtua para remaja tersebut secara finansial pun terbatas. Oleh karena itu, khususnya pada sejumlah dojo di Kecamatan Sungai Geringging dan IV Koto Aur Malintang ia membebaskan biaya pendaftaran kepada remaja yang ingin berlatih.



Dojo-dojo lain tersebar pada hampir semua kecamatan, terutama pada SMA/SMK/MA, bahkan SMP dan SD, bahkan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Sintuak Toboh Gadang (Sintoga). Jumlah peserta (kohay) masing-masing dojo bervariasi antara 7 dan 213 orang.



Struktur Kepengurusan Korca FKTI Padang Pariaman terdiri dari Pembina Suhatri Bur SE MM; Penasehat Bustanil Arifin SP, John Kennedy Martin dan Kamarsyam, Ketua Zulkhailisman SPt MSi, Sekretaris Nadiatul Usna Indra, Bendahara Melisa Afnarani SPt dan Koordinator Masyarakat Sabuk Hitam Zulrasdi SP MSi.



Selanjutnya, Bidang Hukum dan Organisasi: Makmur SPd & Nuzirwan Effendi SPd, Bidang Usaha dan Dana: Ir Masaruddin & Indra Jasman SKom MKom, Bidang Latihan, Gashuku dan Ujian: Hendrisakti Hoktavianus SPd MPd & Edra Sovia AMd, Bidang Kejuaraan: Endra Kasmawati SPd & Beni Herdiansyah SPd, Bidang Sarana & Prasarana: Ali Usman SPd & Ardhi Sutrisno SPd AIFO serta Bidang Humas dan Dokumentasi: Adri Priandes SPd AIFO & Agus Herianto SPd AIFO.



Struktur di atas tertuang pada lampiran Surat Keputusan (SK) Pengurus Besar Koordinator Nasional Federasi Karate Tradisional Indonesia Nomor 001/SK/PB.FKTI/II/2021 yang ditandatangani Prof Dr Zudan Arif Fakhrulloh SH MH - ketua umum dan Drs H Bachruddin - sekretaris jenderal. (ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama