Suhatri Bur: Data Statistik Menentukan Keberhasilan Daerah


Parit Malintang, CanangNews - Dalam rangka mewujudkan Padang Pariaman sebagai Kabupaten Statistik tahun 2022, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) yang diprakarsai oleh Bidang Statistik dan Persandian menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Data Statistik Sektoral tingkat Nagari tahun 2021 di Ruang Rapat Sekretariat Daerah  - Parit Malintang, Rabu, (23/6/2021).


Kegiatan Bimtek dibuka oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE MM dengan menghadirkan Oni Fajar Syahdi M MA dari Diskominfo Provinsi Sumatera Barat dan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Padang Pariaman Joni Suryad SE MM sebagai narasumber.


Dalam kata sambutannya, Bupati Suhatri Bur mengemukakan, dengan keseriusan dan kerjasama semua aparatur akan dapat menjadikan Padang Pariaman menjadi kabupaten statistik. Sebab, menurutnya, untuk menjadi kabupaten statistik tentu harus berawal dari nagari-nagari statistik. 



Atas nama pemerintah daerah Bupati Suhatri Bur memberikan apresiasi mendalam kepada Diskominfo dan jajarannya atas pencapaiannya dalam membentuk 10 Nagari Statistik di Kabupaten Padang Pariaman. 


“Pada hari ini saya sangat berbangga dan memberikan apresiasi pada jajaran Diskominfo yang telah berhasil membentuk 10 Nagari Statistik di Padang Pariaman. Sekarang, kita kembali melaksanakan di bimtek kepada 14 operator pemerintahan nagari untuk dipersiapkan sebagai nagari statistik baru,” ujarnya dengan kesam bangga.


Bupati mengingatkan agar Diskominfo sebagai penyedia data dapat melakukan updating data setiap saat dan mengoordinasikannya dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dalam penyediaan data statistik sektoral. Dengan demikian, akan tercipta sinergisitas program dan kegiatan, supaya semua data terintegrasi demi terwujudnya Padang Pariaman Berjaya.


Suhatri Bur juga menegaskan data statistik akan dapat mempermudah pelaksanaan program dan perencanaan daerah. Bahkan dia menyebut program pengelolaan data statistik sektoral merupakan satu unsur penting dalam menunjang keberhasilan implementasi visi dan misi kepala daerah. 


"Keberhasilan visi dan misi kepala daerah itu tergantung dua hal, yaitu data yang valid dan sistim yang akurat," katanya lagi.


Dia juga menyebutkan, seluruh kepala daerah saling berpacu untuk merencanakan atau menjalankan visi dan misinya untuk kejayaan kabupatennya masing-masing. Oleh karena itu, data statistik nagari akan sangat membantu dalam mewujudkan semua program daerah untuk kebaikan kabupaten ke depan.


Kepada para peserta ia minta mengikuti bimtek ini dengan serius supaya  tercipta Padang Pariaman menjadi kabupaten statistik sektoral. Kemudian bupati juga memperingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi covit 19 selamat bimtek berlangsung.


"Insya Allah berkat kerjasama semua pihak Padang Pariaman kembali berada di zona hijau dan kembali normal," katanya mengakhiri. 



Sebelumnya  Kepala Diskominfo Padang Pariaman Zahirman S Sos MM melaporkan, program statistik sektoral ini perlu peningkatan kelembagaan agar lebih optimal. Oleh karena itu, bimtek yang diselenggarakan bekerja sama dengan BPS  Padang Pariaman ini dapat meningkatkan sumber daya masyarakat dalam pengumpulan data statistik sektoral, semakin lancar dan menjadikan Padang Pariaman menjadi kabupaten statistik. (Salman/MH/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama